Kaltim Sukses Selenggarakan Kejurnas Judo Antar PPLP/D Dan SKO

Kalimantan Timur sebagai daerah dengan potensi olahraga yang cukup mumpuni, dibuktikan dengan keberhasilan masuk dalam 5 besar peraih medali di penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), layak mendapat kepercayaan Pemerintah Pusat untuk menggelar Kejuaraan Nasional (kejurnas).

Terakhir, Kaltim dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Cabang Olahraga (Cabor) Judo antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP), PPLP Daerah dan Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) se Indonesia yang sedikitnya diikuti 114 atlet, 31 Pelatih, dan 18 official dari 15 Provinsi sejak 1-5 Juli 2018 lalu di Komplek Stadion Aji Imbut Kabupaten Kutai Kartanegara.

Terpilihnya Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur sebagai tuan rumah penyelenggara Kejuaraan Nasional Antar PPLP/PPLPD & SKO Cabang Olahraga Judo tahun 2018  merupakan sebuah kebanggan dan kehormatan tersendiri. Penyelenggaraan Kejuaraan ini tidak lepas dari dukungan dan kepercayaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam hal ini Deputi Bidang Pemberdayaan Olahragnserta sinergitas Pemerintah Provinsi Kalimantan timur bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kepala Dispora Kaltim, Syirajudin dalam laporannya menyampaikan harapan agar penyelenggaraan ini dapat memberikan motivasi bagi seluruh peserta untuk meraih prestasi tertinggi, sekaligus sebagai ajang untuk mengasah diri untuk mencapai impian menjadi atlet-atlet berprestasi di level yang lebih tinggi.

Hal senada disampaikan Plt. Bupati Kutai Kartanegara,  Edy Damansyah,  yang  berharap agar melalui event ini menjadi siklus kegiatan olahraga pelajar yang akan mendapat mencari bibit-bibit atlit pelajar yang berbakat, tangguh dan handal yang pada gilirannya dapat dibina dan dikembangkan, sehingga akan menambah prestasi atlet-atlet pelajar khususnya di Kaltim.

Kegiatan kejurnas ini juga dapat menarik dan meningkatkan perekonomian khusussnya segi pariwisata dimana para peserta yang berasal dari luar daerah tentunya tertarik untuk melihat dan mendatangi potensi wisata yang dimiliki daerah penyelenggara, apalagi Kukar khususnya terkenal sebagai kerjajaan tertua di Indonesia. (rdi)