Kaltim Lepas 12 Pemuda Paskibraka, PPAN dan KPN 2014

SAMARINDA-Sebanyak 12 pemuda Kaltim, terdiri dari seleksi Paskibraka Kaltim empat orang, program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) empat orang dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN) empat orang, resmi dilepas untuk mengikuti kegiatan nasional dan internasional tersebut.

Pemprov Kaltim memberikan apresiasi yang tinggi kepada 12 pemuda yang telah terpilih mewakili Kaltim di tingkat nasional, baik dalam program seleksi nasional Paskibraka di Jakarta, program PPAN maupun KPN.

“Bagi yang terpilih mewakili Kaltim, baik seleksi Paskibraka Nasional, PPAN dan KPN, kami berharap kalian dapat memberikan yang terbaik bagi nama daerah. Meski demikian, yang terpenting adalah mampu menjaga budaya daerah dan Negara bagi yang pertukaran pemuda antar Negara, sehingga Negara lain mengenal dengan baik budaya yang kita miliki,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Sigit Muryono mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika pelepasan peserta seleksi Paskibraka Nasional, PPAN dan KPN Kaltim 2014 di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (15/7).

Selain itu, bagi peserta PPAN diharapkan selalu bersemangat untuk menggelorakan ideologi Pancasila saat berada di luar negeri, baik yang berada di Malaysia, Kanada dan Korea Selatan. Karena itu, wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus ditingkatkan.

Empat pilar kebangsaan Negara juga harus digelorakan, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945 dan NKRI. “Itulah yang harus terus didengungkan ketika mereka berada di luar negeri. Karena mereka adalah duta-duta Negara,” jelasnya.

Melalui pemuda yang mewakili Kaltim, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi bangsa lain untuk mengenal Indonesia, termasuk mengenal Kaltim lebih dekat. Karena, apabila bangsa lain mengenal Indonesia, maka akan banyak investasi yang masuk di Negara ini, terutama ke Kaltim.

Karena itu, tujuan dari pengiriman pemuda ini adalah untuk menjadi penyambung informasi pembangunan yang dilakukan pemerintah di daerah, sehingga ke depan ekonomi daerah dapat lebih baik.

“Para pemuda yang mewakili daerah, baik melalui Paskibraka, PPAN dan KPN diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi daerah ini, sehingga menjadi contoh bagi pemuda yang lain ketika mengikuti kegiatan yang sama di tahun selanjutnya,” jelas Sigit.

Peserta seleksi Paskibraka Nasional akan mengikuti seleksi sejak 29-31 Juli 2014, sedangkan peserta PPAN dan KPN masih menunggu surat panggilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.(jay/hmsprov)

//Foto: Peserta mendapatkan pengarahan dari Kadispora Prov Kaltim serta Kabid pemuda Dispora Prov Kaltim.