Bidang Olahraga

Kaltim Finish kedua di BIMPD-EAGA IX 2016

Rusmulyadi | Jumat, 23 Desember 2016 - 09:30:15 WIB | dibaca: 675 pembaca

Sekda Kaltim, Rusmadi menyerahkan bendera BIMPD-EAGA Friendship Games kepada Sekretaris BIMPD-EAGA Sports Council, Nukhrawi Nawir dengan disaksikan Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie selaku Ketua Panitia Pelaksana BIMP-EAGA Friendship Games IX-2016 Kaltim


Kalimantan Timur sukses sebagai tuan rumah dan berhasil meraih peringkat kedua dalam ajang Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipinne Darwin NT (BIMPD-EAGA) Friendship Games ke-9 yang digelar sejak 6 Desember 2016.

“Ini sangat luar biasa. Meski kita semua sepakat ini merupakan ajang silaturrahim antar satu rumpun atau tetangga di ASEAN, tetapi prestasi yang diterima atlet Kaltim diharapkan dapat menjadi modal untuk peningkatan pembinaan prestasi olahraga kita lebih baik lagi,” kata Sekretrais Daerah Provinsi kaltim, Rusmadi pada pentupan BIMPD-EAGA Friendship Games ke-9, di Pendopo Lamin Etam, Sabtu, 10 Desember 2016.

Kaltim sebagai wakil Indonesia mampu menjadi terbaik kedua meraih 56 medali, terdiri dari 15 emas, 22 perak dan 19 perunggu. Di tempat pertama Sulawesi Selatan (19:10:9), Untuk lima Besar, di tempat ketiga Sarawak Malaysia (6:3:1), keempat Kalimantan Barat (4:5:7),, dan kelima Kalimantan Tengah (4:4:6).

Dari seluruh delegasi yang diturunkan Kaltim memang luar biasa. Meski, perolehan medali emas kurang, tetapi jika ditotal jumlah medali yang diraih atlet Kaltim sangat luar biasa yakni mencapai 56 keping medali. “Jadi, atlet Kaltim luar biasa, masih the best lah,” jelasnya.

BIMPD-EAGA menurut Rusmadi bagian dari langkah bersama untuk mengukuhkan kebersamaan dan persaudaraan diantara Negara-negara angggota BIMPD-EAGA. Indonesia khususnya Kaltim sangat bersyukur, karena bertambah anggota BIMP-EAGA, yakni Darwin NT Australia yang pada 2018 menjadi tuan rumah BIMPD-EAGA Friendship Games ke-10.

Sementara itu, Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie dalam laporannya menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada Gubernur, Wakil Gubernur, dan Sekda Kaltim berserta seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur yang telah memfasilitasi dan memberikan yang terbaik untuk pelaksanaan BIMPD-EAGA Friendship Games ke-9 tahun 2016. 

“Namun sudah barang tentu upaya optimal yang telah kami lakukan tidaklah luput dari berbagai kekurangan dan kekhilafan. maka atas segala keterbatasan kami dalam melayani, menyediakan fasilitas dan berbagai sarana yang ada demi kepentingan bimp-eaga friendship games ke-9 tahun 2016 ini kami sampaikan permohonan ma’af yang sebesar-besarnya,”tutupnya.

Hadir Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali, Anggota DPR RI asal Kaltim dari Fraksi Partai Nasdem H Harbiansyah Hanapiah, Walikota Samarinda Syaharie Jaang, Kadispora Kaltim Fachruddin Djaprie dan Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya. (jay/rdi)