KALTIM DI PERINGKAT 6 PEROLEHAN MEDALI SEMENTARA POPNAS XV-2019

JAKARTA-Tambahan pundi-pundi medali dari atlet-atlet pelajar Kalimantan Timur yang berlaga di hari Rabu (20/11) kemarin membuat posisi Kaltim berada di peringkat 6 klasemen perolehan medali Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV-2019.

Kaltim menambah 2 emas dan 2 perunggu dari cabor panahan, 2 perak dan 1 perunggu dari cabor taekwondo serta 1 medali perak dari cabor renang mendongkrak posisi benua etam mengungguli Banten dan Jateng.

Tuan rumah DKI Jakarta berada di posisi puncak dengan raihan 20 medali emas, 17 perak dan 14 perunggu, disusul Jawa Timur di tempat kedua dengan 16 emas 13 perak serta 19 perunggu. Jawa Barat yang juga menjadi tuan rumah berada di posisi ke 3 dengan capaian 12 emas 18 perak dan 15 perunggu.

Kadispora Kaltim, Syirajudin yang berada di Jakarta untuk memberikan dukungan langsung kepada atlet yang berlaga menyampaikan optimismenya akan tambahan medali yang akan diraih oleh pelajar-pelajar Bumi Mulawarman.

"Kita optimis bahwa hasil saat ini akan terus bertambah seiring dengan masih adanya sejumlah cabor yang bertanding seperti panahan, pencak silat, serta judo dan dayung yang baru akan bertanding besok (jumat,red),"optimisnya.

Kaltim sendiri mengikuti 12 dari 13 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni angkat besi, judo, voli pasir, karate, bulutangkis, pencak silat, dayung, taekwondo, atletik, renang, tarung derajat dan panahan minus sepaktakraw yang tidak lolos kualifikasi popwil.

Minimnya persiapan Kontingen Kaltim diajang ini tak membuat Kaltim gentar dalam berburu medali demi medali. Kaltim mengandalkan 65 persen atlet yang berasal dari pembinaan Sekolah Khusus Olahragawan Internasi (SKOI) Kaltim serta Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) serta SKO Ragunan. (rdi)