Bidang Olahraga

Kaltim 6 Besar di ajang POPNAS 2015

Dispora Management | Rabu, 07 Oktober 2015 - 11:10:55 WIB | dibaca: 1808 pembaca

Kadispora Kaltim (tengah bawah) berfoto bersama dengan para peraih medali cabang Olahraga Judo di kelas 66-73 yang dimenangi atlet kaltim, Muhammad Aufa Gatfani.

BANDUNG—Dengan berkekuatan 162 atlet, Kontingen Provinsi Kalimantan Timur yang berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2015 Jawa Barat, berhasil masuk dalam 6 besar dalam peringkat perolehan medali di ajang dua tahunan tersebut.

Meskipun Sempat berada di posisi 14, dalam tiga hari terakhir penyelenggaraan, Kontingen kaltim mampu melejit dengan naik ke peringkat enam setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sumatera Barat pada penutupan di Sasana Budaya Ghanesha Bandung.

“Prestasi ini mengulang peringkat di kita POPNAS 2013 lalu di Jakarta, namun demikian dalam hal jumlah medali mengalami peningkatan yakni 9 emas, 10 perak dan 14 perunggu berbanding 7 emas, 11 perak, dan 8 perunggu dengan POPNAS 2013,”Jelas Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie didampingi kabid Keolahrgaan Dispora Kaltim, Ego Arifin.

Ditambahkan olehnya bahwa mengatakan perolehan 6 besar ini sudah memenuhi target yang cukup baik. Karena melihat persaingan yang ketat diantara peserta masing-masing cabang olahraga (cabor) maka masuk sepuluh besar pun dirasa membanggakan meskipun Kaltim memiliki target yang besar sebagai juara umum khususnya untuk wilayah di luar Pulau Jawa belum dapat tercapai.

“Kalau bicara peringkat, target kita untuk berada di 10 sudah tercapai, namun target juara umum di luar pulau Jawa masih tertunda, Insya Allah di event selanjutnya dapat tercapai. Tentunya perjuangan anak-anak kita sudah maksimal, untuk itu kita patut berterimakasih atas apa yang mereka lakukan,”lanjutnya.

Gulat kembali menjadi Cabor penyumbang medali emas terbanyak bagi Kaltim dengan mendapatkan 3 emas yang disumbangkan oleh Nilanda Saputri Gaya Bebas Kelas 52 Kg Putri, Muhammad Arif Renaldi Gaya Bebas Kelas 39 – 42 Kg Putra dan Annisa Safitria Gaya Bebas Kelas 46 Kg Putri.

Disusul cabor Tae Kwon Do dengan 2 emas yaitu Siloam Blegur Kelas Under 48 Kg Putra dan Sri Wahyuni Kelas Under 55 Kg Putri.

Selanjutnya Muhammad Aufa Gatfani Kelas 66 – 73 Kg Putra Judo, Andi Natanegara pada cabor Renang 50 M Gaya Kupu-Kupu Putra, Cabor panahan dan Tenis Meja masing-masing 1 emas.

Dalam ajang ini, kaltim mengikuti 20 cabang Olahraga yakni Bola Basket, Sepakbola, Voli Indoor, Voli Pasir, Angkat Besi, Atletik, Renang, Judo, Panahan, Tinju, Sepak Takraw, Bulutangkis, Pencaksilat, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Senam, Dayung, Gulat, Karate dan Taek-wondo. Selain itu ada tambahan 1 cabang olahraga yang ek-sebisi yang tidak di pertandingkan yaitu  Tarung Derajat (rdi)