KADISPORA KALTIM : BENTUK ATTITUDE PESEPAKBOLA SEJAK USIA DINI

*DISAMPAIKAN SAAT MEMBUKA PELATIHAN PELATIH SEPAKBOLA KALTIM BLISPI U-12

BALIKPAPAN-Mendidik pesepakbola usia dini tidak hanya mengenai bagaimana menendang bola, tapi sangat perlu membentuk mereka pesepakbola profesional, yang memiliki attitude atau budi pekerti yang sesuai budaya Indonesia.

Hal ini disampaikan Kadispora Katlim, Syirajudin, pada saat membuka acara Coaching Clinic Pelatihan Pelatih Sepakbola Kalimantan Timur Blispi u-12 di Lapangan Telkom Balikpapan, Jumat (5/7).

"Apabila attitude bisa kita tanamkan kedepan anak-anak kita akan menjadi pesepakbola yang tak hanya punya skill brilian tapi juga perilaku yang bagus sehingga mereka akan menjadi model untuk usia selanjutnya. Menjadi pelatih dituntut sabar dalam membentuk mereka, wajar karena usia mereka yang masih labil bersikap, mengedepankan egoisme dan ingin tampil sendiri sehingga melupakan kerjasama, disitulah peran anda-anda sekalian sebagai pelatih yang terpilih,"pesannya.

Syirajudin juga mengingatkan bahwa peran pelatih sangat besar sehingga jangan sampai salah dalam mendidik, tak hanya tekhnik juga menyangkut gizi, karena dampaknya juga akan besar bagi keprofesionalan mereka sebagai pemain sepakbola dan juga pastinya kepada tim yang mereka bela.

"Pelatih memiliki tugas utama membentuk teknik bermain sepakbola yang baik seperti bagimana mengontrol bola, menggiring, serta menendang. Tapi jangan lupa anda harus memberikan pemahaman kepada mereka dari usia dini tentang pentingnya meperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh mereka,"pungkasnya.

Coaching Clinic Pelatihan Pelatih Sepakbola Kalimantan Timur u-12 yang akan berlangsung hingga 7 Juli 2019 ini, digelar oleh Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLISPI) Provinsi Kalimantan Timur dengan mendatangkan instruktur Oh Suk Jae dari Korea Selatan. (rdi)