KADISPORA HIMBAU PEMUDA DAN MASYARAKAT OLAHRAGA DISIPLIN TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

SAMARINDA-Kepala Dispora Kaltim, Muhammad Syirajudin, Jumat (26/06/2020) menjadi narasumber dalam dialog Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 1 Samarinda.

Dalam dialog yang dipandu Margarahayu tersebut Tema yang diangkat adalah Pemuda Kaltim Tangkal Covid 19 bersama narasumber lainnya Wakil Ketua Koni Samarinda Bidang Organisasi, Danry Dahuri.

Pada kesempatan tersebut Kadispora menyampaikan sejumlah program yang dijalankan Dispora bersama pemuda Kaltim diantaranya bakti sosial pasca banjir, penanaman pohon, pungut sampah di sungai karang mumus, dan pelatihan keterampilan bagi pemuda disabilitas.

Didampingi Kabid Pengembangan Pemuda, Hardiana Muriyani, Kadispora menyampaikan pula komitmen Dispora Kaltim untuk terus mendampingi Pemuda Kaltim dalam berkarya sebagai upaya menjalankan misi Gubernur dan Wakil Gubernur berdaulat dalam pembangunan SDM yang berakhlak mulia dan berdaya saing terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas.

"Terkait kegiatan dalam pandemi ini, kami secara intens melakukan kegiatan bersifat sosial terutama masyarakat yang terkena dan terdampak banjir serta covid 19. Dalam kegiatan kita himbau mereka selalu menjalankan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, membawa handsanitizer serta yang peting penting adalah menjaga jarak sehingga mereka menjadi contoh bagi masyarakat,"katanya.

Dirinya juga mengatakan di tengah pandemi, justru beberapa pemuda binaan Dispora Kaltim yang berwirausaha memunculkan inovasi kreatif baru agar usaha mereka tetap berjalan dan bahkan mereka juga mampu membuka cabang di sejumlah Kabupaten/ Kota di Kaltim.

"Para pemuda ini menyadari bahwa kegiatan perekonomian harus terus berjalan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Caranya ya, dengan berinovasi agar usahanya dapat terus berjalan dan berkembang di tengah pandemi ini,"katanya.

Turut hadir via telepon, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Rusman Yaqub yang mengatakan agar Pemuda tidak boleh larut dengan situasi pandemi covid 19 harus bangkit dan memprakarsasi sebagai pelopor.

"Pandemi ini momentum menuju era tatanan hidup baru, harus ada pedoman baru sebagai rekayasa sosial, untuk menuju itu semua pihak harus diajak termasuk pemuda apalagi milenial saat ini penuh kreasi dan karya,"katanya.

Menjawab pertanyaan pendengar mengenai penggunaan Stadion Madya  Sempaja, disampaikan Kadispora hal tersebut bahwa hingga saat ini Surat Edaran Gubernur belum dicabut terkait pencegahan Covid 19.
.
"Sebagai pemerintah kami harus patuh dan mencontohkan kepada masyarakat dengan mengikuti surat edaran Gubernur dalam upaya pencegahan Covid-19, apalagi yang menggunakan mencapai ribuan orang, sehingga Dispora bersama pihak terkait lainnya masih merumuskan pola pelaksanaan sesuai protokol kesehatan, jangan sampai justru menjadi bumerang dengan timbulnya cluster baru dari dibukanya stadion ini,"jelasnya.

Menutup dialog, Kadispora menghimbau masyarakat kepemudaan dan keolahragaan agar memperhatikan dan mentaati secara disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah diterbitkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. (rdi)

Baca Juga :