Kadispora buka Kejuaraan Sepatu Roda Nasional Pesut Kaltim Open 2017

SAMARINDA – Ratusan Atlet Sepatu Roda memperebutkan Piala Gubernur Kaltim dalam rangka Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Nasional Pesut Kaltim Open 2017 yang berlangsung dari tanggal 13 sampai dengan 15 Januari 2017 di lapangan parkir Stadion Segiri Samarinda.

 

 Sepatu roda merupakan salah satu cabor andalan Kaltim pada Pekan Olahraga Nasional (PON), namun prestasi Kaltim mengalami penurunan bila dibandingkan PON 2008 yang mampu menggondol 6 medali emas, di PON ke-19 di Jawa Barat  hanya mampu meraih 1 medali perak dan 1 medali perunggu, bahkan di PON ke-18 tahun 2012 di Riau, cabor sepatu roda gagal menyumbangkan medali. Oleh karenanya saya berharap melalui event-event kejuaraan sepatu roda seperti ini, dapat memacu semangat guna terus mencari bibit-bibit baru berpretasi dan berdayaguna serta berdayasaing yang mampu membawa kembali kejayaan Kalimantan Timur di cabang olahraga sepatu roda,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djaprie sebelum membuka kejuaraan tersebut, Jumat (13/1).

 

Untuk itu secara khusus Gubernur menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus Pesut Inline Skate Team, sebagai salah satu klub yang fokus pada pembinaan generasi atlet sepatu roda, atas penyelenggaraan Kejuaraan tingkat nasional ini yang merupakan sumbangsih yang luar biasa bagi pembangunan sdm olahraga kaltim khususnya.

 

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur  menangkap positif setiap upaya menciptakan kebersamaan. Mari kita bangun olahraga di Kalimantan Timur karena melalui olahraga kita dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran masyarakat, sebagai modal dasar pembangunan untuk mengisi kemerdekaan republik Indonesia,”lanjutnya.

 

Di sisi lain, Gubernur mengatakan keberadaan olahraga tidak dapat lagi dipandang sebelah mata. Olahraga mempunyai kemampuan membangun perekonomian rakyat, ini dapat terlihat bahwa di setiap aktivitas olahraga dapat dengan mudah dijumpai penjual makanan maupun minuman, kehidupan mereka tentu terbantu di tengah permasalahan perekonomian bangsa. Tidak berlebihan bila olahraga saat ini merupakan salah satu bagian dari faktor pendukung pembangunan daerah

 

Kepada seluruh peserta, saya meminta agar menjadikan kompetisi ini sebagai ajang bersilahturrahmi sebagai sesama penggelut dan penikmat hobi olahraga sepatu roda, dengan dasar itu lah maka harus disadari betul bahwa kesamaan yang kita miliki haruslah melahirkan rasa sportivitas diantara kita semua,”pesan Gubernur.

 

Pembukaan Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat Nasional Pesut Kaltim Open 2017 yang diikuti sejumlah provinsi di tanah air seperti D I Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalsel, Kalteng, dan Kalbar ini ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djaprie.(rdi)