Bidang Olahraga

JELANG PRA PON, ATLET GUGUS TAEKWONDO KALTIM TIMBA ILMU DI KOREA

Dispora Management | Senin, 05 Oktober 2015 - 15:02:56 WIB | dibaca: 1589 pembaca

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur bersama-sama dengan Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (TI) Kaltim serius mempersiapkan atlet-atlet taekwondo Kaltim yang tergabung di dalam Program Gugus Kaltim salah satunya dengan memberangkatkan 12 Atlet andalan Kaltim, beberapa waktu lalu,  ke Negeri ginseng yang menjadi moyangnya olahraga beladiri yang mengandalkan tendangan tersebut.

“Kegiatan ini dimaksudkan selain untuk mengetahui sejauh mana kualitas pembinaan di gugus emas kaltim yang telah berjalan selama ini, try out tersebut juga sebagai penambahan jam terbang para atlit yang akan berlaga pada Prapon November nanti”, ujar Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie yang turut mendampingi atlet-atlet Kaltim tersebut.

Ditambahkannya bahwa Try out dan latih tanding ini terkait upaya untuk memaksimumkan persiapan dan standard kecakapan atau kemampuan atlet, apalagi Korea merupakan pusat dan studi pelatihan taekwondo di Korea memiliki insfrastruktur dan sumber daya yang baik, dan telah berhasil memproduksi atlet-atlet kelas dunia yang berkualitas.

Alfred Blegur, salah satu atlet andalan Kaltim yang selalau menyumbang medali pada berabagai kejuaraan yang diikutinya, mengatakan bahwa dengan try out ini dirinya bersama-sama dengan atlet lain akan menjalani sparing partner dengan takekwondoin Korea, hal ini baginya sangat efektif sebagai bahan monitoring dan evaluasi untuk melihat kemajuan tekhnik yang telah dilatihnya di dalam program Gugus Kaltim.

Sementara itu, Ketua Pembinaan Prestasi (Binpres) TI Kaltim, Aidin S. Hadi menyampaikan, bahwa pada kejurnas Pra PON mendatang, TI Kaltim tidak memasang target muluk, pihaknya hanya menargetkan untuk meloloskan sebanyak-banyaknya atlet TI melalui Pra-PON nanti.

“Sementara untuk pelatih, kegiatan ini untuk mempetakan, menilai, dan mengevaluasi kemampaun atlet, sekaligus menambah pengalaman bertanding bagi para atlet tersbut,”jelasnya.

Ke 12 atlit yang mendapat kesempatan ke Korea kali ini adalah atlit andalan Kaltim untuk kelas Gyorugi (tarung), diantaranya atlit senior yang juga juga sukses di PON Riau yaitu Alfred Yunaidi Blegur, Muhammad Teguh Prakosa dan Eka Sahara.(rdi)