JELANG FORNAS V, FORMINAS GELAR PELATIHAN SDM DAN TD

Puluhan induk Pengurus Pusat Cabang Olahraga yang berhimpun dibawah Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) mengikuti kegiatan pelatihan SDM dan Technical Delegate Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke-5 yang dilaksanakan di Hotel eL Royale Kelapa Gading Jakarta Utara, 26-27 Januari 2019 kemarin.

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda dan Olahraga RI, Dr. Raden Isnanta, ketika membuka acara tersebut menyampaikan bahwa sejumlah cabor yang dibina oleh Formi sudah memiliki event percabor yang dikelola dan terlaksana secara baik serta berkembang di masyarakat, namun hal itu masih secara individu per cabor, sehingga perlu ditingkatkan di skala multi event yang dikemas dalam bentuk FORNAS.

"Saya berharap melalui FORNAS ke 5 yang akan dilaksanakan di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, Oktober mendatang, dapat melibatkan banyak olahraga masyarakat yang terdiri atas  Olahraga Petualangan  dan Tantangan  (OPT), Olahraga Kesehatan Kebugaran (OKK) serta Olahraga Tradisional Kebudayaan (OTKB),"harapnya.

Dengan melibatkan puluhan Cabor yang akan melaksanakan perlombaan dan ekshebisi serta tentunya ribuan peserta yang hadir dari seluruh penjuru tanah air, akan memberikan hiburan tersendiri bagi masyrakat, bahkan dapat melibatkan masyarakat dalam sejumlah lkegiatan seperti senam pagi sehingga masyarakat ikut sehat dan bugar.

Ketua FORNAS 5, Dr. Djainal Abidin Simanjuntak,menyampaikan bahwa disamping memperlombakan sejumlah cabor, juga akan diadakan  gelaran budaya, pameran usaha yang mengangkat kearifan lokal serta kerajinan kreatif tradisional dari seluruh Nusantara, hal ini tentunya akan berdampak terhadap industri kreatif dan industri olahraga yang akan semakin membangun bersamaan seiring penyelenggaraan FORNAS 5 ini.

"Pelatihan peningkatan SDM dan technical delegate FORNAS ini merupakan upaya dari  FORMI sebagai mitra pemerintah dalam rangka pengembangan dan pembangunan olahraga rekreasi sebagaimana yang tertuang Pasal 19 Bab VI UU nomor 3 tahun 2005 yang menyatakan bahwa olahraga rekreasi bertujuan untuk memperoleh kesehatan, kebugaran jasmani dan kegembiraan, kemudian  membangun hubungan sosial dan atau melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan Nasional,"tutupnya. (rdi)