Bidang Pemuda

Jambore Pemuda Daerah Kaltim seleksi Pemuda terbaik wakil Kaltim di JPI

Dispora Management | Rabu, 15 Maret 2017 - 12:23:05 WIB | dibaca: 595 pembaca

Peserta Jambore Pemuda Daerah ke-VI tahun 2017 melakukan deville pada acara pembukaan yang dilangsungkan di Gentung Temiang kilo 5, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Rabu (15/3(Gentung Temiang kilo 5, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Rabu (15/3)

PASER-Kalimantan Timur tercatat sebagai Provinsi pertama di tanah air yang menggelar kegiatan Jambore Pemuda Daerah (JPD) tingkat provinsi guna memilih pemuda-pemuda terbaik yang akan mewakili Kaltim di Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tingkat Nasional.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, JPD Kaltim yang tahun 2017 ini merupakan gelaran ke VI, Dispora Kaltim menggandeng Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Kaltim dan instnasi terkait seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Paser, Dinas Pariwisata Kaltim, IAIN Samarinda  serta UPT Balai Bahasa Universtas Mulawarman.

“Pada tahun ini, seluruh peserta akan mengikuti proses seleksi diantaranya diuji mengenai wawasan kebangsaan dan wawasan daerah. Bukan hanya itu, mereka juga akan menampilkan kreatifitas melalui pentas seni budaya, dan selama pelaksanaan Jambore, lomba seni budaya akan digelar setiap malam di panggung yang telah disiapkan panitia di Gentung Temiang kilo 5, Tanah Grogot, Kabupaten Paser,”jelas Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie.

Ia menambahkan, selain itu, selama pelaksanan Jambore ini, peserta juga menampilkan kemampuan dalam berwirausaha melalui stan-stan pameran peserta yang berada di area perkemahan dengan memamerkan hasil karya pemuda dari masing-masing kabupaten/kota.

“Kami berharap melalui ajang ini pemuda-pemuda Kaltim mampu memiliki kemampuan mandiri dengan berwirausaha, dengan demikian secara tidak langsung menanamkan jiwa berwirausaha bagi peserta, dengan harapan nantinya mereka dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain,”harapnya.

Selain itu, para peserta nantinya, juga akan diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan wisata ke salah satu perusahaan besar yang berada di Kabupaten Paser (rdi)