Bidang Pemuda

Jambore Pemuda Daerah 2015 Seleksi Wakil Kaltim ke Nasional

Dispora Management | Rabu, 18 Maret 2015 - 11:07:49 WIB | dibaca: 2227 pembaca

Penajam- Sebanyak 69 Pemuda terbaik dari 9 Kabupaten/Kota se Kaltim  akan bersaing satu sama lain dengan menunjukkan kualitas dirinya, kreativitas serta kemampuan yang dimiliki guna menjadi wakil Kalimantan Timur di ajang Jambore Pemuda Indonesia yang akan berlangsung bulan Oktober mendatang di Kepulauan Riau.

Dalam Jambore Pemuda Indonesia ke-4 tahun 2015 di halaman Graha Pemuda, Kilometer 8, Kelurahan Nipah-nipah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dari tanggal 16 hingga 20 Maret 2015 ini, hanya Kabupaten Kutai Barat yang tahun depan menjadi tuan rumah ajang tahunan tersebut yang tidak mengirimkan pemudanya.

“69 pemuda Kaltim yang berasal dari 9 Kab/Kota akan menunjukkan kemampuannya dalam seleksi selama 5 hari kedepan. Jumlah yang akan terpilih ke Nasional sebanyak 12 orang terdiri dari 6 putra dan 6 putri yang dua diantaranya, terdiri atas satu putra dan satu putrid akan menjadi duta wisata dan bergabung dengan provinsi lainnya,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Fachrudin Japrie, dalam laporannya.

Ditambahkan Kadispora, tujuan dari JPD ini meningkatkan kualitas calon peserta, menetapkan calon JPI yang layak dan baik mewakili Kaltim dan pembinaan pemuda yg terpilih. Adapun seluruh peserta akan terlibat dalam kegiatan penghijauan, seleksi tulis, pentas seni, lomba tradisional, kunjungan wisata, senam, ceramah narkoba, bakti sosial, hiburan rakyat, serta tarian kreatif seni pelajar.

Gubernur Kalimantan Timur, Dr. Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati PPU, Yusran Aspar menyampaikan harapannya agar para peserta JPD dapat bersaing secara sehat dan menjunjung tinggi nilai sportivitas.

“Para pemuda yang ada di sini merupakan pemuda-pemuda terbaik di Kabupaten dan kota nya masing-masing, mari berkompetisi secara sehat dan menjunjung tinggi nilai sportivitas, siapapun yang nantinya terpilih merupakan hasil seleksi, dan saya yakin tim seleksi yang terdiri dari Dispora Kaltim, Disbudpar Kaltim, Dinas Kesehatan Kaltim serta Balai Bahasa Universitas Mulawarman akan menilai secara professional,”lanjutnya.

Dalam acara pembukaan JPD ini, sebelumnya para peserta melakukan defile dengan menampilkan keberagaman budaya yang dimilikinya, serta memberikan souvenir khas daerahnya kepada Bupati PPU, Yusran Aspar. Para peseta juga menampilkan makanan khas serta kerajinan khas daerah masing-masing dalam stan pameran pemuda yang berada di kompleks Graha Pemuda PPU ini.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dispora Kaltim menyerahkan bantuan berupa perlengkapan mushola Graha Pemuda PPU  diantaranya karpet, sajadah, kaligrafi dan peralatan sholat, yang diterima langsung oleh Bupati PPU. (rdi-bd)