INSPEKTORAT SAMPAIKAN EVALUASI IMPLEMENTASI SAKIP DISPORA TAHUN 2020

SAMARINDA-Kadispora Kaltim, Agus Tianur diwakili oleh Sekretaris Aswanda dampingi Kasi Perencanaan Program Rohadi Raharjo menerima kunjungan kerja dari Tim Inspektorat Kaltim, Senin (3/5/2021).
Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat, Irawan Aliwardhana, menyampaikan kunjungan kerja kali ini dalam rangka mengantar naskah hasil penilaian sementara evaluasi terhadap implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)  tahun 2020 Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur.
"Evaluasi ini diharapkan dapat mendorong instansi pemerintah di pusat dan daerah untuk secara konsisten meningkatkan implementasi SAKIP-nya dan mewujudkan capaian kinerja (hasil) instansinya sesuai yang diamanahkan dalam RPJMN/RPJMD,"jelasnya.
Ruang lingkup evaluasi yang dimaksud lanjutnya meliputi 5 komponen besar manajemen kinerja yaitu Perencanaan Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Monitoring dan Evaluasi Kinerja serta yang terakhir Pencapaian Sasaran/Kinerja Organisasi.
"Berdasarkan dari hasil Evaluasi sementara atas Implementasi Sistem AKIP pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur tahun 2020 memperoleh nilai sebesar 61.83 (Enam Satu Koma Delapan Puluh Tiga) atau dengan Predikat "B" (Baik),"ujarnya.
Atas hasil ini, Aswanda mengicapkan stukur karena ada peningkatan bila dibandingkan tahin sebelumnya.
"Alhamdulilah, tahun ini kita mendapatkan penilaian yang meningkat secara signifikan, dimana tadinya kita masih berpredikat "C" (Kurang) sekarang menjadi "B" (Baik), ini semua berkat kerja keras bersama sama seluruh komponen yang ada di Dispora Kaltim" ujar Aswanda.
Aswanda bersama Rohadi pun langsung melaporkan hasil tersebut kepada Agus Tianur.
Kadispora Kaltim pun mengapresiasi pencapaian ini seraya berharap agar tahun-tahun berikutnya Dispora bisa meningkatkan lagi pencapaian ini.
"Evaluasi ini bukan semata dilihat dari peringkat penilaian yang kita raih, akan tetapi lebih kepada kesadaran kita semua dalam berkerja dengan sistem yang sudah di atur, dan bagaimana pengimplementasian nya dalam mewujudkan capaian kinerja" ujar Agus Tianur.
Dirinya pun mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas capaian tersebut.
"Semoga kedepannya kita bisa lebih meningkatkan kinerja kita bersama" tutup Agus.

(fad/rdi/ppiddisporakaltim)