IKUTI 12 CABANG OLAHRAGA, KALTIM SIAP BERLAGA DI POPNAS JAKARTA

SAMARINDA-Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, Selasa (5/11) menerima Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Syirajudin dalam rangka melaporkan keseiapan keberangkatan Kontingen Kalimantan timur mengikuti Pekan Olahraga Pelajar tingkat nasional (POPNAS) yang akan berlangsung di Jakarta yang akan berlangsung  pada 16-25 November 2019.

POPNAS dipastikan akan mempertandingkan 13 cabang olahraga yakni atletik, angkat besi, bulutangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat dan beberapa diantaranya kan dipertandingkan di luar Jakarta. Hanya takraw yang tidak diikuti Kalimantan Timur.

"Sebanyak 11 cabang olahraga akan digelar di Jakarta, sisanya di luar Jakarta,  yakni Taekwondo di Cibinong pelaksanaannya dibantu Dispora Jabar, lalu dayung dan tarung derajat dibantu oleh Pengurus Besar-nya untuk penyelenggaraannya, dimana dayung di laksanakan di Cipule Karawang, sementara tarung derajat di Bandung,"lapor Kadispora.

Wakil Gubernur pun berpesan kepada Dispora Kaltim agar mempersiapkan kontingen dengan sebaik-baiknya dengan berkoordinasi dengan pengprov Cabang olahraga.

"Pastikan seluruh atlet siap untuk bertanding, jangan sampai ada kendala tekhnis maupun non tekhnis yang dapat mempengaruhi atlet dalam bertanding, sehingga kita berharap atlet-atlet masa depan Kaltim ini dapat bertanding maksimal dan menghasilkan sumbangsih prestasi maksimal untuk Benua Etam,"pesannya.

Wagub pun menekankan agar pembinaan olahraga usia dini dapat terus ditingkatkan dimasa-masa mendatang, dengan demikian Kalimantan timur dapat menjadi salah satu daerah di tanah air yang menghasilkan prestasi di bidang olahraga melalui pembinaan atlet berjenjang bukan melalui jual beli atlet.

"Terus dampingi atlet selama berlaga di POPNAS untuk meraih prestasi di ajang tersebut mereka memerlukan dorongan semangat, perhatikan kondisi dan kebutuhan mereka, jangan sampai ada atlet yang sakit, sehingga mereka fokus ketika turun bertanding,"tutupnya.

Pada pertemuan tersebut, Kadispora didampingi Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Ego Arifin, Kasi Pembibitan, Iptek Dan Tenaga Keolahragaan Masturi Akbar Tapipullah, Kasi Standarisasi Dan Infrastruktur Olahraga, Muhammad Maifiansyah, Kasi Promosi Olahraga Dan Olahraga Prestasi, Rasman.

KALTIM TARGETKAN 8 HINGGA 10 MEDALI EMAS

Sementara itu, pada rapat koordinasi antara Dispora Kaltim bersama para pelatih cabang Olahraga yang dilaksanakan di kantor Dispora Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda,  berdasarkan laporan dan kesiapan kontingen per Cabor dari para pelatih, total medali emas yang ditargetkan 8-10 medali emas.

"Target 8 hingga 10 medali emas berdasarkan pada target yang disampaikan oleh masing-masing pelatih, hal ini tentu lebih tinggi bila dibandingkan dengan perolehan medali emas di Popnas sebelumnya di Jawa Tengah yang memperoleh 7 medali emas, 3 medali Perak dan 18 medali Perunggu. Kita percayakan kepada pelatih untuk mewujudkan target yang mereka canangkan tersebut dengan mempersiapkan atletnya secara terprogram dan sistematis dan siap mental bertanding,"ujar Kadispora didampingi Ego Arifin.

Kalimantan Timur akan menurunkan atlet-atlet pelajar terbaik yang didapat dari hasil Pekan Olahraga Pelajar tingkat Provinsi, serta atlet-atlet pelajar binaan Sekolah Olahraga baik SKOI Kaltim dan SKO Ragunan. (rdi)