IGORNAS DIHARAP DONGKRAK DBON

BONTANG-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Prov Kaltim diwakili Kepala Bodang (Kabid) Pembudayaan Olahraga  Achmad Nasir menghadiri Rapat Kerja (Raker) serta Pelantikan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Kalimantan Timur, di Hotel Bintang Sintuk, Bontang, Sabtu (25/06/2022) lalu.
Walikota Bontang, Basrie Rase mengatakan Igornas merupakan ujung tombak dalam mencari talenta muda berbakat. Terutama di usia 9-15 tahun yang merupakan siswa SD dan SMP
“Di samping itu, peran guru olahraga juga penting untuk menjaring bibit baru atlet. Saya berharap dengan terbentuknya Igornas mampu menjadikan Kalimantan Timur sebagai lumbung atlet,” ucap Basri.
Achmad Nasir mengungkapkan bahwa aktivitas olahraga bagi pelajar merupakan salah satu instrumen penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Selain itu, olahraga juga berperan dalam pembentukan karakter disiplin, jujur, tangguh dan kompetitif.
"Guru olahraga memiliki peran penting dalam memotivasi para pelajar untuk gemar, berolahraga. Bahkan bisa memberikan dorongan agar siswa-siswa dengan talenta olahraga dapat memilih olahraga sebagai salah satu jalur prestasi masa depannya," imbuhnya.
Igornas lanjutnya merupakan garda terdepan dalam mewujudkan pelajar yang bugar, sehat dan berprestasi. Guru olahraga memiliki peran penting dalam memotivasi para pelajar untuk gemar, berolahraga.
"Bahkan bisa memberikan dorongan agar siswa-siswa dengan talenta olahraga dapat memilih olahraga sebagai salah satu jalur prestasi masa depannya. Ke depannya, Igornas harus mampu berkontribusi dalam implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON)," lanjutnya.
Igornas berperan dalam membangun lifestyle  olahraga, dan kebugaran pelajar serta menemukan bibit unggul. Dan dalam prakteknya, guru olahraga tidak hanya berperan di hulu, akan tetapi juga di hilir sebagai atlet, juri, wasit, pelatih dan pengurus organisasi terutama di daerah-daerah.
"Kami selaku pemerintah khususnya Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur berharap Igornas dapat menjadi tumpuan, garda terdepan dan ujung tombak dalam mengajak pelajar menjadi pelajar bugar.  Selain itu IGORNAS juga harus mampu mendapatkan siswa dengan talenta unggul yang bisa berprestasi nasional, bahkan internasional," lanjutnya.
Dirinya pun menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan dan Rapat Kerja Igornas Kalimantan Timur, dan berharap kegiatan ini dapat membuahkan keputusan – keputusan yang membangun keolahragaan khususnya untuk pelajar di  Kaltim. (ba/rdi/ppiddisporakaltim).

Baca Juga :