GUBERNUR PIMPIN UPACARA HAORNAS SEKALIGUS BUKA KEJUARAAN VOLLEY TERBUKA 

SAMARINDA-Bertempat di GOR Segiri Samarinda, Gubernur Kaltim, Isran Noor memimpin Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019 tingkat Provinsi Kaltim, Senin (9/9) yang dihadiri Forkopinda Kaltim, Asisten Administrasi Umum, HS Fathul Halim, Kadispora Kaltim, Syirajudin, Ketua Harian Koni Kaltim, Rusdiansyah Aras, serta sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Kaltim. 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur selaku pembina upacara membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi. 

"Tema besar HAORNAS Tahun 2019 ini adalah “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia,"ujarnya. 

Dimana pembangunan didalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju. 

"Selanjutnya untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat,"lanjutnya

Dikatakannya semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Permasyarakatan.  

"Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka dengan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut,"tambahnya. 

Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya. 

Ditemui usai pelaksanaan upacara Isran Noor menyampaikan terkait pelaksanaan Kejuaraan Terbuka Piala Gubernur Kaltim tahun 2019, hal ini sebagai bagaian dari upaya Pemprov Kaltim dalam melakukan pembinaan Olahraga. 

Hal tersebut didukung Kadispora Kaltim yang mengatakan pihaknya menjalankan visi dan misi Gubernur dalam menciptakan Olahraga Kaltim yang Berdaulat di segala event yang diikuti.(rdi)