GUBERNUR MINTA SEMUA ELEMEN IKUT MEMBANGUN KEPEMUDAAN DI KALTIM

Gubernur Kalimantan Timur, H. Isran Noor, mengajak seluruh unsur pemuda di Kaltim untuk bahu membahu dan bersama-sama membangun kepemudaan Kaltim sebagai generasi penerus pembangunan benua etam.

Hal ini disampaikan Gubernur saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Provinsi Kaltim, Senin (29/10), di halaman kantor Dispora Kaltim yang diikuti organisasi kepemudaan, pemuda kreatif, wirausaha muda, pegawai ASN, pramuka, dan pelajar di Kaltim.

Lebih lanjut Gubernur yang membacakan sambutan Menpora mengatakan bahwa pada Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 ini mengambil tema sentral "Bangun Pemuda Satukan Indonesia". Tema ini dipilih mengingat pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI.

“Ada tiga karakter dan kapasitas yang perlu dikapitalisasi setiap generasi muda untuk memenangi pertarungan masa depan sekaligus dalam mewujudkan mimpi Indonesia. Pertama, diperlukan generasi muda yang memiliki kualitas integritas yang tinggi, Kedua, kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni, Ketiga, karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional,”lanjutnya.

Sebagai generasi yang hidup dijaman ini, kita semua berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan serta mengenyampingkan egoisme pribadi untuk kepentingan bangsa.

“Tahun 2019 mendatang kita akan mengikuti pesta demokrasi, diperlukan partisipasi aktif pemuda, peran penting dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan mekanisme laju pemerintahan tersebut. Saya meminta kita semua dapat menghindari gesekan-gesekan yang mempengaruhi kekuatan persatuan bangsa, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif,”lanjutnya.

Sebelum sambutan, dua pemuda Kaltim yang menggunakan pakaian adat khas Kaltim membacakan teks Pembukaan UUD serta teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

Pada pelaksanaan Upacara tersebut tampak hadir Wakil Gubernur Kaltim, H. Hadi Mulyadi, Fokopinda Kaltim, Kadispora Kaltim, H. M. Syirajudin, kepala OPD Pemprov Kaltim, serta sejumlah perwakilan pimpinan OKP.

Usai pelaksanaan upacara, Gubernur didampingi Kadispora meninjau langsung stand-stand pameran produk pemuda Kaltim yang menampilkan baragam produk kreatif dan inovatif dari tangan-tangan pemuda binaan Dispora Kaltim melalui Bidang Pengembangan Pemuda. (rdi)