Gandeng Formi, Pemprov Kaltim komitmen kembangkan Sentra Olahraga Rekreasi

SAMARINDA- Untuk kali kedua, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan tmur (dispora) menggelar pelatihan bagi pengelola olahraga rekreasi indoor. Kegiatan ini dianggap penting dilakukan mengingat dari tempat olahraga rekreasi indoor yg refresentatif lah akan berdampak pada minat masyarakat untuk melakukan olahraga.

Demikian antara lain disampaikan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Awang FAroek Ishak dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim, H. Bere Ali, ketika membuka acara tersebut di ruang Audio Visual Dispora Kaltim, Jum'at (6/3).

“Perlu diingat bahwa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melakukan kegiatan olahraga rekreasi, diperlukan wadah penyelenggaraan kegiatan olahraga rekreasi dengan organisasi yang terstruktur dan pengelolaan dengan baik,”ujarnya.

Disampaikan pula bahwa olahraga rekreasi sebagai bagian dari olahraga secara umum adalah bentuk olahraga yang memadukan antara aktivitas fisik dan kegiatan rekreasi, disamping itu olahraga ini menitik beratkan kepada keikutsertaan masyarakat. Oleh karenanya penyelenggaraan kegiatan olahraga rekreasi sudah seharusnya dilaksanakan di wadah yang baik agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bergerak dan bersosialisasi dengan masyarakat lain.

Wadah tersebut berupa sentra olahraga rekreasi yang menjadi tempat pembinaan dan pengembangan kegiatan olahraga rekreasi yang dilakukan masyarakat dengan kegemaran  dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat untuk kesehatan, kebugaran dan kesenangan.

“Penyelenggaraan kegiatan olahraga rekreasi juga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan teratur agar manfaat serta tujuan yang diinginkan tercapai, serta mengedepankan kepuasan pelanggan memerlukan suatu pengeloaan yang baik guna mencapai tujuan tersebut,”jelasnya.

Sementara itu, Kadispora Kaltim, fachruddin Djaprie, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini akan diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal   6-8 Maret 2015, dengan jumlah peserta  pelatihan pengelola Sentra Olahraga Rekreasi Indoor Tingkat Prov. Kaltim tahun 2015 sebanyak 40 orang.  

Untuk narasumber pada kegiatan ini berasal dari Kemenpora RI, Kepala Bidang sentral Olahraga Rekreasi, Kemenpora  RI Kepala Bidang Pengembangan Standarisasi, Kepala Dispora Prov. Kaltim dan Ketua umum FORMI Kaltim.