FORNAS V RESMI DIBUKA, MENPORA HARAPKAN INISIASI MASYARAKAT BEROLAHRAGA

Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) V 2019 resmi dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali ditandai dengan pemukulan gendang tuvung bersama-sama dengan Gubernur Kaltim, Isran Noor, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, dan Ketum FORMI Nasional, Hayono Isman, di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Sabtu (16/11).

Dalam arahannya Menpora berharap FORMI sebagai wadah berkumpulnya pegiat olahraga rekreasi dapat menginisiasi masyarakat untuk berolahraga, sebab olahraga yang dilombakan didalamnya melalui Fornas dilaksanakan dalam bentuk rekreasi dan olahraga tradisional Indonesia.

"Sebagaimana semboyannya, yakni sehat, bugar, gembira dan luar biasa, tentu nya bermakna olahraga membuat fisik menjadi sehat dan bugar, dan tentunya dengan demikian jiwa dan tubuh yang sehat akan menghasilkan hati yang gembira," katanya.

Pria yang penerima Penghargaan Konservasi Danau Limboto tersebut mengapresiasi FORMI sebagi induk olahraga rekreasi menyelenggarakan FORNAS bersama-sama Pemerintah provinsi Kalimantan Timur tanpa sponsor besar dan dukungan anggaran besar dari pemerintah. Dirinya pun berharap kedepan semakin banyak pegiat olahraga rekreasi yang terlibat menjadi peserta FORNAS. Terlebih olahraga ini tidak mengenal batas usia dan harus melalui tahap seleksi, bahkan peserta bebas mengekspresikan diri pada berbagai cabang olahraga yang diminati.

Pada kesempatan itu, dia juga memberi dukungan agar Hayono Isman tetap ditunjuk Ketua Umum FORMI. Sebagai Menpora dia mengaku masih membutuhkan dedikasi Hayono untuk mengurus olahraga rekreasi.

"Tentu ini menjadi kebanggaan sebagai junior. Saya Menpora ke 13, jauh setelah Pak Hayono. Kalau pimpin FORMI, saya yakin arah kemajuan olahraga rekreasi akan terang benderang, dan tentunya dorongan masyarakat agar lebih giat berolahraga akan tumbuh lebih baik," akunya.

Sementara itu, Ketum FORMI Nasional, Hayono Isman menyebut kegiatan ini dihadiri peserta dari berbagai provinsi di Indonesia. Hadir dari berbagai induk-induk olahraga dan kalangan usia mulai lansia, kaum dewasa, generasi milenial, dan kaum remaja.

"Devile kontingen terlihat ada anak, cucu, kakek, nenek, semua bersama berolahraga dan bergembira. Inilah olahraga rekreasi," katanya sambil menyebut FORNAS hadir di Kaltim untuk memberdayakan olahraga rekreasi untuk Indonesia maju.

Pembukaan FORNAS V sendiri sedianya dilakukan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy hingga akhirnya positif dilakukan Menpora Zainudin Amali. Nampak hadir Gubernur Kaltim, Isran Noor, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, Anggota Komisi X DPR RI, Profesor Djohar Arifin H, Deputi III Kemenpora, Isnanta, dan Sekretaris Deputi III Kemenpora, Suryati, serta Kadispora Kaltim, Muhammad Syirajudin dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Kaltim.(rdi)