ENAM PEMUDA BONTANG IKUTI SELEKSI JPI

6BONTANG-Sebanyak 6 (enam) pemuda Kota Taman mengikuti seleksi Calin Peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Graha Pemuda Bontang.

Keenam peserta seleksi merupakan pemuda terbaik Kota Bontang yang telah melalaui proses seleksi di tingkat Kota bulan Maret lalu dan juga telah melalui proses persiapan mengikuti seleksi tingkat provinsi bersama Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Bontang.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berbeda dengan tahun-tahun terdahulu, proses seleksi tingkat provinsi yanh biasanya dilakukan dalam sebuah Jambore Pemuda Daerah (JPD) di satu tempat, kali ini dilakukan dengan seleksi per Kabupaten atau Kota, dengan tim seleksi yang mendatangi.

Acara diawali dengan laporan kegiatan oleh Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Popar) Kota Bontang, Bambang Cipto Mulyono. 

Pelaksana Tugas Kadispora Provinsi Kalimantan Timur, H Muhammad Syirajudin, dalam sambutannya ketika membuka acara tersebut Rabu (23/9/2020) menyampaikan hasil seleksi nanatinya akan diumumkan di medio Bulan Oktober mendatang.

"Hingga kini, petunjuk pelaksanaan tekhnis JPI belum ada dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, sehingga untuk kuota, tanggal pelaksanaan dan tempatnya belum dapat kami sampaikan di sini,"jelasnya.

Namun demikian, lanjut pria yang pernah menjabat sebagai Sekda Kota Bontang ini, sebagai langkah antisipasi, maka Kaltim tetap menggelar seleksi, agar apabila JPI tetap dilaksanakan, maka perwakilan Bumi Mulawarman telah siap.

"Kita tak ingin ambil resiko dengan mengirim perwakilan yang tidak siap, sehingga seleksintetap kita lakukan. Apabila ternyata tahun ini JPI tidak dilaksanakan, maka mereka yang dinyatakan lolos seleksi tetap akan menjadi wakil Kaltim di JPI selanjutnya,"katanya.

Sama seperti di Kabupaten dan Kota lainnya proses seleksi meliputi tes tulis, pengetahuan umum, wawancara bahasa Inggris, tes kesehatan, dan ditutup dengan menampilkan tarian khas pesisir & senam poco-poco.

Hingga kini, 6 daerah telah melakukan seleksi yakni Kutai Barat, Mahakam Ulu, Kutai Kartanegara, Samarinda, Paser, dan Bontang. 2 daerah mengundurkan diri yakni Penajam Paser Utara dan Kutai Timur, sementra 2 daerah lainnya Balikpapan dan Berau baru akan seleksi setelah pelaksanaan seleksi di Kota Bontang. (rdi)