Seputar Dispora

Enam Cabor Perairan SKOI dibuka di Berau

Natal Parlindungan S | Senin, 30 Juni 2014 - 00:24:55 WIB | dibaca: 1385 pembaca

TANJUNG REDEB - Pembinaan olahraga di Kabupaten Berau mendapat penilaian tersendiri bagi jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Akhirnya, Berau ditetapkan sebagai salah satu kabupaten pengembangan kelas paralel Sekolah Khusus Olahraga Internasional (SKOI). Untuk mewujudkan penambahan kelas paralel tersebut, jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim menggelar rapat koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Berau, KONI Berau, dan pemangku kepentingan di bidang olahraga. Rapat yang digelar di ruang rapat Sangalaki Setkab Berau, Selasa (2/9) kemarin, dibuka Wakil Bupati Ahmad Rifai. Hadir dalam pertemuan Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djafrie dan Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya.

Wakil Bupati Ahmad Rifai menyambut baik rencana penambahan kelas paralel SKOI di Kabupaten Berau. Menurutnya  pengembangan olahraga air yang diarahkan ke Bumi Batiwakkal, seperti layar, selam, renang, dayung, dan ski air memberikan nilai tambah bagi daerah ini. Terlebih dukungan sarana dan prasarana dalam pengembangan olahraga ini juga sudah ada yang terpenuhi dengan suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2008 silam.

Bahkan melihat potensi yang ada, dikatakan Rifai, Pemkab Berau mengusulkan untuk menambah satu kelas khusus lagi, yaitu cabang olahraga voli pantai yang dapat dikembangkan di Pulau Derawan. Terlebih pulau wisata ini juga pernah menjadi pusat pertandingan voli pantai saat PON 2008.

Pengembangan ini menurutnya juga akan bersinergi dengan pengembangan kepariwisataan di daerah ini. “Kami sangat mendukung dan nanti akan kita sinergikan dengan seluruh stakeholder untuk mewujudkan penambahan kelas paralel SKOI di Berau ini,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djafrie mengatakan, pendirian SKOI di Kabupaten Berau sudah diwacanakan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, saat Festival Derawan tahun lalu. Daerah ini menjadi pusat pengembangan olahraga air dengan lima cabang olahraga dan dari rakor berkembang dengan satu cabang yaitu voli pantai atau voli pasir. Usulan penambahan cabang olahraga ini sangat baik, di samping menjadi olahraga prestasi juga menyanding dengan pengembangan pariwisata pantai di Kepulauan Derawan.

“Adanya penambahan cabang olahraga voli pantai ini direspons baik oleh seluruh pihak yang terkait dan segera diusulkan dalam pembukaan kelas paralel ini,” jelasnya.

Setelah rapat koordinasi ini, ditambahkan Fachruddin, SKOI Kaltim akan segera membentuk tim kecil untuk menindaklanjuti realisasi SKOI. Seperti melengkapi petunjuk operasional, skema pembiayaan yang melibatkan APBN, APBD Provinsi, APBD kabupaten dan disarankan adanya peran pihak swasta.

Begitu juga dengan persiapan pendirian SKOI mulai dari penyusun perencanaan mulai lahan maupun fisik pembangunan SKOI. Namun dua cabang lain yang sudah berjalan saat ini menurutnya sudah siap. Seperti Layar dan selam bisa segera diwujudkan. Setidaknya tahun 2015 nanti sudah segera dibuka.

Melalui rapat koordinasi kemarin juga diserahkan bantuan perlengkapan pelatihan bagi atlet layar yang kini dikembangkan di Kecamatan Pulau Derawan. Bantuan diserahkan Kepala Dispora Kaltim kepada Ketua Koni Berau disaksikan Wakil Bupati Berau Ahmad Rifai. (hms4/one/k15)
eks Foto : Kepala UPTD SKOI, Agus Tianur (keempat dari kiri), Kepala UPTD PKSUM Dispora Kaltim, Ednandar S Samad (ujung kanan), Ketua KONI Berau, Teddy Abay (kedua dari kiri), Kepala Dispora Kab Berau, Suprianto (keempat dari kanan) dan Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (Pengprov PSAWI), Sayid Irwan (ketiga dari kiri) serta jajaran Pemkab Berau berfoto bersama dengan latar belakang Danau ex Tambang Berau Coal yg akan digunakan cabor Ski dan Dayung SKOI Kaltim. (foto:dispora/Ednandar)

*sumber :http://www.kaltimpost.co.id