DPKD LAKUKAN VERIFIKASI DAFTAR ARSIP PADA DISPORA KALTIM

SAMARINDA-Mewakili kepala dinas Dispora Prov Kaltim, Kabid Pemberdayaan Pemuda Bahri menerima kunjungan Tim Verifikasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Prov Kaltim yang dipimpin oleh Kabid Pengelolaan Arsip, Lourensius Ndua di ruang kerjanya, Kamis (4/11/2021).
Kedatangan Tim DPKD tersebut dalam rangka melakukan verifikasi Daftar Arsip Inaktif Retensi 10 tahun yang akan di nilai pada Dispora Kaltim.
Selanjutnta dengan didampingi Arsiparis Terampil Dispora Kaltim, Annisa Nurul Fadjria, satu demi satu petugas tim memverifikasi arsip yang berada di ruang depo penyimpanan arsip secara random guna memastikan bahwa arsip yang di data dan disimpan pada kotak-kotak arsip tersebut telah sesuai dengan data yang input.
"Dari pemeriksaan kami, data-data ini sudah rapi, dan sudah sesuai dengan apa yang sudah di input dan yang tersimpan pada kotak penyimpanan, hanya saja masih ada sejumlah perbaikan dan pencocokan, akan tetapi itu tidak akan mempengaruhi dalam skema pencarian terhadap data yang diperlukan nantinya" ujar Lourensius.
Sementara itu dari segi perawatan dan tempat penyimpanan dirinya  merasa Dispora sudah bagus, tinggal menambah pencahayaan saja di beberapa titik.
Sementara itu, disampaikan Annisa bahwa untuk permintaan arsip tak hanya berasal dari internal, namun juga memenuhi dari luar instansi, terutama dari pemohon informasi melalui Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Dispora.
"Arsiparis menjadi bagian dari PPID, sehingga setiap permohonan informasi, akan terintegrasi secara cepat dan tepat sesuai dengam Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan," ujarnya. (ba/rdi/ppiddisporakaltim)