Umum

Ditempa Jadwal Padat, Paskibraka Kaltim Siap Bertugas

Dispora Management | Rabu, 16 Agustus 2017 - 14:42:38 WIB | dibaca: 95 pembaca

Untuk memantapkan tugas sebagai pengibar bendera para peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada  17 Agustus 2017, sebanyak 38 calon pasukan (capas) pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang berasal dari sepuluh kabupaten dan kota se-Kaltim mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat Provinsi Kaltim tahun 2016.

Dalam pelaksanaan pelatihan yang dipusatkan di kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda dari tanggal 30 Juli 2017 hingga berakhir pada pergelaran gladi bersih, selasa (15/8) kemarin, calon paskibraka tersebut ditempa jadwal yang padat.

Kadispora Kaltim mengungapkan Fachruddin Djaprie, padatnya kegiatan pelatihan ini dikarenakan jadwal pelatihan yang efektif berlangsung hanya berkisar 2 minggu, sementara mereka dituntut untuk menampilkan yang terbaik dalam prosesi pengibaran dan penurunan bendera merah putih.

“Tidak hanya latihan baris-berbaris, latihan fisik, melipat bendera, membentangkan bendera hingga menyamakan derap langkah dengan pasukan 45 yang berasal dari TNI dan POLRI, ke-38 capas ini juga harus mengikuti materi ruang dari pembentukan mental hingga peningkatan pengetahuan mereka terutama dalam hal wawasan kebangsaan yang dimulai sejak mereka bangun pagi pukul 05.00 Wita hingga berakhir pukul 22.00 Wita,” ujarnya.

Fachruddin pun menegaskan bahwa jadwal yang cukup padat ini telah dikoordinasikan dan dikondisikan bersama jajaran pelatih yakni dari korem 091/ASN dan Polresta Samarinda serta Purna Paskibraka Indonesia Kaltim, sehingga mereka akan siap bertugas pada  tanggal 17 Agustus 2017. (rdi)