DISPORA RAIH PENGHARGAAN TOP UNIT PENGUMPUL ZAKAT DARI BAZNAS KALTIM

Bertempat di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kalimantan Timur, Dinas Pemuda dan Oahraga (Dispora) Provinsi Kaltim, Rabu (22/5), menerima penghargaan sebagai “Top Unit Pengumpul Zakat Pendukung Kebangkitan Zakat” dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltim yang diserahkan Wakil Gubernur,Hadi Mulyadi didampingi Ketua Baznas Kaltim, Fachrul Ghazi, dan diterima Sekretaris Dispora, Zulfajri.

Disamping Dispora, Bankaltimtara juga menerima penghargaan sebagai “Top BUMD Pendukung Kebangkitan Zakat” dan Politeknik Negeri Samarinda sebagai “Top Perguruan Tinggi Pendukung Kebangkitan Zakat”.

Wagub Hadi menyampaikan bahwa sebagaimana disampaikan oleh baznas Kaltim bahwa potensi Zakat di Kaltim luar biasa, sehingga kedepan potensi yang ada akan terus ditingkatkan diantaranya dari pengusaha yang bekerja di Kaltim namun bertempat tinggal di luar Kaltim.

“Ke depan kita berharap potensi dari para pengusaha yang bekerja di kaltim namun bertempat tinggal di luar Kaltim, mungkin tidak sepenuhnya, sebagian zakat mall mereka bisa ditempatkan di Kaltim agar dapat bermanfaat bagi kaum dhuafa di Benua Etam yang memerlukan. Kemudian yang kedua kami menghimbau instansi jika memungkinkan seperti yang dilakukan para penerima penghargaan yang memungut zakat profesi 2,5% tiap bulan yang kemudian dikumpulkan, bila hal ini dilakukan ini akan menjadikan gebrakan luar biasa,”terangnya.

Untuk itu dirinya akan mengeluarkan surat himbauan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memungut zakat profesi pegawainya, karena zakat itu sifatnya pribadi maka tidak dipaksakan sehingga hanya sebatas himabuan.

“Dengan telah dipungutnya zakat profesi, maka setiap individu yang menerima pemasukan tiap bulan, harta yang diterimanya telah dibersihkan sebelum dibawa pulang ke rumah,”ujarnya.

Kadispora Kaltim, Syirajudin, menyikapi penghargaan dari Baznas Kaltim ini dengan menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran pegawai Aparatur Sipil Negara di lingkup Dispora Kaltim termasuk UPTD Pengelola Kompleks Stadion Utama dan Madya (PKSUM).

“Alhamdulillah, Saya menyampaikan terimakasih kepada 96 ASN musim yang telah sukarela Zakat Profesinya langsung dipotong pada saat menerima gaji setiap bulannya , semoga menjadi keberkahan dan mendapat keridhoan dari Allah Subhana Wa Ta’ala,”ujarnya.

Dirinya pun berharap agar di tahun mendatang, tak hanya ASN, namun Non ASN juga berkenan dan mendukung untuk menyalurkan zakat profesinya yang dipotong dari penghasilan per bulan sebesar 2,5 persen dan dikumpulkan secara kolektif untuk diserahkan ke Baznas Kaltim.

Sementara itu, dalam acara yang bertajuk Kaltim Berzakat itu, Baznas Kaltim menyerahkan santunan kepada 5 (lima) Ulama Tilawatil Qur’an, Bantuan Stimulan kepada 27 Tahfidz Qur’an, Santunan bina muallaf sebanyak 100 orang,s erta bantuan pendidikan (IBNU SABIL) untuk mahasiswa Tailan IAIN Samarinda sebanyak 24 orang. (rdi)