DISPORA PROSES BONUS POPNAS XV JAKARTA

SAMARINDA-Bonus atas prestasi atlet-atlet pelajar Benua Etam yang berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV-2019 lalu tengah diproses oleh Dispora Kaltim.
Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus Tianur melalui Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Masturi Akbar T ketika menjadi pembicara bersama Kepala SKOI Kaltim Suprayogi dalam dialog publika di TVRI Kaltim, Jum'at (19/2/2021).
"Sebenarnya kita upayakan agar diberikan tahun 2020 lalu, namun sebagaimana kita ketahui bersama pandemi Covid 19 membuat seluruh Dinas harus mengalami pemotongan anggaran hinga 50 persen, termasuk Dispora tentunya,"jelasnya.
Pemberian bonus ini menjadi komitmen Gubernur dan Wakil Gubernur yang didukung penuh oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim dalam upaya memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah mengharumkan nama Kaltim di event olahraga nasional.
"Dalam Popnas yang digelar sejak 16-25 November 2019 di Jakarta tersebut, Kaltim mampu mengantongi 28 medali, terdiri 7 emas, 3 perak serta 18 perunggu dan berada di posisi ke-9. Panahan menjadi penyumbang medali terbanyak disusul angkat besi, tarung derajat dan taekwondo "jelasnya.
Untuk itu pihaknya tengah melakukan finalisasi data atlet, pelatih dan official yang memperoleh medali dan jenis medali yang didapat.
"Tim Dispora dibawah perintah dan pemantauan langsung Bapak Kadispora tengah bekerja keras dan cepat untuk segera merealisasikan bonus ini. Kami mohon maaf atas keterlambatan, bukan kami sengaja tapi memang kondisi yang tidak memungkinkan untuk diberikan di tahun lalu,"ujarnya.
Bonus tambahan akan diberikan kepada lifter Muhammad Faathir yang berhasil memecahkan rekor dunia remaja angkat besi pada ajang Popnas XV ini untuk total angkatan 277 di kelas 61kg pada kategori Clean and Jerk.
Pemecahan rekor dunia itu melampaui catatan dirinya sendiri saat tampil di kejuaraan Asia Youth & Yunior di Pyongyang, Korea Utara, Oktober di tahun yang sama.
"Semoga perhitungan dan pendataan tim bisa segera selesai, sehingga bonus bisa disalurkan melalui rekening masing-masing dan tentu kita berharap bonus dapat dimanfaatkan secara bijak oleh mereka,"pungkasnya. (rdi/ppiddisporakaltim)