Bidang Pemuda

Dispora Pastikan Seleksi Calon Anggota Paskibra Objektif

Dispora Management | Selasa, 03 Mei 2016 - 15:47:18 WIB | dibaca: 732 pembaca

SAMARINDA – Seleksi calon anggota Paskibra tingkat nasional dan Provinsi Kaltim 2016 dipastikan dilaksanakan secara objektif. Ini karena seleksi dilakukan dengan melibatkan instansi terkait yang berkompeten di bidangnya, serta pelaksananya dipantau tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

“Insya ALLAH objektifitasnya bisa dijamin. Kemenpora menurunkan tiga orang tim untuk memantau seluruh prosesnya,” yakin Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Fachrudin Japrie pada pembukaan seleksi calon anggota Paskibra tingkat nasional dan Provinsi Kaltim 2016, di Aula Kantor DIspora Kaltim, Selasa (3/5).

Fachrudin berharap seleksi berjalan lancar menetapkan 4 calon anggota Paskibra yang akan ikut seleksi tingkat nasional. Terlebih seleksi melibatkan instansi berkompeten seperti Kodim Samarinda, Polresta Samarinda, Unmul Samarinda, IAIN Samarinda, serta instansi teknis terkait yang akan memberikan pembekalan bagi 4 calon yang terpilih.

Sejalan dengan itu, 40 calon paskibra yang akan diseleksi merupakan pelajar terbaik dari kabupaten/kota. Hanya saja yang direkrut untuk seleksi calon Paskibra tingkat nasional cukup 4 orang dengan komposisi dua putra dan dua putri.

Nantinya akan ditetapkan dua orang diantaranya menjadi bagian anggota Paskibra tingkat nasional. Dua orang lainnya akan kembali ke Kaltim untuk memperkuat Paskibra tingkat Kaltim, sehingga jumlahnya sebanyak 38 orang dari 10 kabupaten/kota se Kaltim.

“Yang jelas kita menyiapkan pelajar terbaik dari kabupaten/kota untuk jadi Paskibra. Tujuannya untuk meningkankan rasa syukur sebagai bagian NKRI, mewujudkan kader dan patriot bangsa, serta meningkatkan disiplin pelajar dengan terlibat dalam kegiatan hari kenegaraan,” katanya.