Bidang Wirausaha

Dispora Latih Pemuda Manfaatkan Barang Bekas

Rusmulyadi | Kamis, 19 Mei 2016 - 08:48:55 WIB | dibaca: 968 pembaca

Samarinda-50 pemuda asal  Kota Samarinda dan Kabupaten Kutai Kartanegara, mengikuti Pelatihan Kecakapan Hidup Angkatan ke III, yang dilaksanakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur selama 4 hari sejak tanggal 18 hingga 21 Mei 2016.

Program kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelatihan kecakapan hidup sebelumnya yang dilaksankan di Tenggarong dan Penajam Paser Utara, sebagai upaya Pemerintah Provinsi Kaltim menakan angka pengangguran dan membangkitkan jiwa wirausaha pada pemuda di Kaltim.

"Saat ini jumlah sumber daya manusia khususnya pemuda cukup banyak tersedia, namun lapangan pekerjaan tidak berjalan seriring, sehingga pengangguran pun semakin meningkat dari hari ke hari. Disamping itu, perlu diingat saat ini Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah berlangsung, hal ini bisa menjadi tantangan sekaligus peluang bagi generasi muda Indonesia khususnya Kalimantan Timur. Oleh karenanya kita berharap melalui pelatihan ini para peserta akan memanfaatkan ilmu yang didapatnya sehingga mampu membuka lpangan kerja baru bahka memasarkan produk yang dimilikinya ke luar negeri,"kata Kadispora Kaltim, Fachruddin Dajprie dalam sambutan terlulisnya yang dibacakan sekretaris Dispora, Fahrullah.

Kadispora juga mengingatkan bahwa MEA ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemuda untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menghadapi persaingan pasar bebas, oleh karenanya Dispora berharap melalui pelatihan dapat menumbuhkan apresiasi positiff kepada pemuda dalam rangka pengembangan kewirausahaan pemuda.

"Kami juga berharap pelatihan ini mampu memberikan keterampilan dan motivasi kepada pemuda dalam menghadapai masalah pengangguran akibat terbatasanya lapangan kerja produktif sehingga terwujudnya wirausaha muda mandiri,"tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Dwi Wahyuni, mengungkapkan dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan sejumlah materi diantaranya kebijakan program kewirasusahaan pemuda  Dispora Kaltim, tekhnik jitu menjual tanpa penolakan, teori dan praktek pengolahan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat, dengan nara sumber dari dispora kaltim, pelaku usaha, IWAPI Samarinda, dan Syam Alyasin seniman dari Kabupaten Garut Jawa Barat. (rdi)