Bidang Wirausaha

Dispora Kaltim Soialisasikan Perpu Kewirausahaan Pemuda di Kutim

Rusmulyadi | Jumat, 12 Agustus 2016 - 12:28:39 WIB | dibaca: 877 pembaca

Guna memberikan motivasi dan menumbuhkan apresiasi positif kepada masyarakat khususnya pemuda, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur, kembali menggelar Sosialisasi  Peraturan Pemerintah serta Undang-Undang yang berhubungan dengan Kewirausahaan Pemuda. Kali ini sasarannya 100 pemuda di Kabupaten Kutai Timur, 10-12 Agustus 2016.

Menurut Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie, sosialisasi menjadi sangat penting mengingat saat ini tingkat pengangguran di kalangan pemuda Indonesia sangat memprihatinkan, bahkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran untuk mencapai lebih dari 60,5 persen dari jumlah pemuda yang ada.

“Tingginya angka pengangguran di kalangan pemuda ini bila tak segera disikapi, dan tidak segera dilakukan langkah-langkah yang tepat sasaran, maka jumlah pengangguran tersebut akan terus mengalami peningkatan dan menjadi duri tersendiri di tubuh masyarakat.  Apalagi tantangan utama yang dihadapi Indonesia dalam memperkokoh struktur ekonomi dan meningkatkan daya saing masyarakat, yakni dengan mengurangi mengembangkan kewirausahaan pemuda yang nota bene usia produktif,”jelas Fachruddin.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Pemkab Kutim, Edward Azran mewakili Bupati kutim, dalam sambutannya mengatakan pemerintah terus berupaya meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi pemuda dalam menciptakan lapangan kerja khususnya di kabupaten Kutim yang mulai berkembang. Pengembangan wirausaha, khususnya bagi pemuda menjadi prioritas utama untuk memperkokoh perekonomian bangsa

“Kami berharap dengan diadakannya sosialisasi  dapat memberikan motovasi kepada masyarakat khususnya pemuda  dalam menghadapi masalah pengangguran akibat terbatasnya lapangan kerja produktif, sehingga dapat merubah pola pikir dengan meanfaatkan kesempatan kerja formal”,lanjutnya.

Edward pun berharap kegiatan ini dapat bermanfaat kepada masyarakat khususnya generasi muda, serta dapat menjadi sumber inspirasi untuk menjadi wirausaha muda Indonesia yang berani mandiri dan turut menciptakan lapangan kerja dan berperan aktif membangun bangsa dan Negara.

”Untuk dapat menumbuhkan dan mengembangkan karakter dan budaya berwirausaha di kalangan pemuda, diperlukan iklim yang kondusif yang dapat membangkitkan kesadaran, tumbuhnya bibit – bibit wirausaha pemuda, lahirnya wirausaha baru dan akhirnya berkembang menjadi wirausaha muda yang berdaya saing,”pungkasnya.

Dalam sosialisasi ini peserta mendapat kan materi mengenai peraturan Pemerintah nomor 41 tahun 2011 tentang Pengembangan Kewirausahaan Dan Kepeloporan Pemuda, serta Penyediaan Prasarana Dan Sarana Kepemudaan, kemudian Undang-undang (UU) Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan. (rdi)