DISPORA KALTIM LAKUKAN ENTRI DATA E-FORMASI 

SAMARINDA- Dalam rangka percepatan entri data e-formasi Menteri PANRB terhadap dokumen Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK) Dispora Provinsi Kaltim, dengan dipantau langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, H M Agus Hari Kesuma, dan didampingi  Kasubbag Umum, Nurnutfah Arief, tim melakukan entri data dari sejak Senin (05/10/2020) hingga Jumat (09/10/2020).

Tim yang terdiri atas 14 orang yang berasal dari Sekretariat, 4 bidang, serta UPTD Pengelola Prasarana Olahraga, melakukan entri data setiap harinya dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 14.00 siang.

Disampaikan Agus Hari Kesuma bahwa manfaat e-formasi antara lain untuk menentukan kebutuhan pegawai, menentukan kelas jabatan dan menentukan sasaran kerja pegawai, dengan tujuan adalah untuk mengetahui antara lain gambaran struktur organisasi, peta jabatan, jumlah pegawai yang ada, jumlah pegawai yang dibutuhkan dan jumlah kekurangan atau kelebihan pegawai di masing-masing Organisasi Peangkat Daerah (OPD).

“E formasi atau sistem aplikasi e-formasi ASN adalah merupakan salah satu sistem yang berguna utk penyusunan CPNS setiap tahunnya, dimana sistem ini merupakan salah satu program percepatan reformasi birokrasi yang dicanangkan oleh Kementerian PAN-RB sejak tahun 2014 lalu,”katanya.

Ditambahkannya bahwa untuk data yang di ambil adalah dokumen hasil penyusunan anjab dan ABK dari masing-masing OPD yang antara lain memuat nama jabatan, ikhtisar jabatan, butir kegiatan jabatan, dan syarat jabatan Penyusunan analisis jabatan dan analisis beban kerja.

“Hal ini juga merupakan amanah dari UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan setiap instansi pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah serta jenis jabatan PNS berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja,”ujar wanita yang juga menjadi tim Anjab Peprov Kaltim tersebut.

Analisis jabatan sendiri bermanfaat untuk penataan kelembagaan, kemudian untuk penataan sumber daya manusia aparatur, serta untuk penyusunan dan penyempurnaan prosedur kinerja (SOP). (rdi)