DISPORA KALTIM GELAR FESTIVAL PEMUDA KREATIF DAN PRODUK WIRAUSAHA PEMUDA

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim akan menggelar Festival Pemuda Kreatif serta Produk Wirausaha Pemuda Kaltim yang akan dilaksankan tepat di tanggal 28 Oktober 2018 dan berlangsung selama 2 (dua) hari.

Kadispora Kaltm, Syirajudin, didampingi Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Hardiana Muriyani, mengungkapakan bahwa kegiatan yang mengambil tema diantaranya "Pemuda Kalimantan Timur Kreatif, Inovatif dan Produktif" ini diharapkan menghimpun pemuda-pemuda Kalimantan Timur yang memiliki jiwa wirausaha serta memiliki kreatifitas dalam menghasilkan sebuah produk untuk kemudian dipasarkan.

“Dispora terus berkomitmen untuk melahirkan program-program serta kegiatan yang pro terhadap pembinaan generasi muda di Kaltim. Dengan demikian kita berharap ke depan pemuda di Kaltim memiliki kualitas yang luar biasa khususnya dalam menghadapi persaingan pasar global saat ini,”jelasnya.

Kegiatan ini menjadi sangat penting mengingat saat ini tingkat pengangguran di kalangan pemuda Indonesia sangat memprihatinkan, bahkan dari data Badan Pusat Statistik (BPS), angka pengangguran untuk mencapai lebih dari 60,5 persen dari jumlah pemuda yang ada.

“Tingginya angka pengangguran di kalangan pemuda ini bila tak segera disikapi, dan tidak segera dilakukan langkah-langkah yang tepat sasaran, maka jumlah pengangguran tersebut akan terus mengalami peningkatan dan menjadi duri tersendiri di tubuh masyarakat. Apalagi tantangan utama yang dihadapi Indonesia dalam memperkokoh struktur ekonomi dan meningkatkan daya saing masyarakat, yakni dengan mengurangi mengembangkan kewirausahaan pemuda yang nota bene usia produktif,”tambahnya.

Sementara itu, menurut Hardiana sejumlah syarat untuk peserta diantaranya
tidak diperkenankan menampilkan atribut atau symbol – symbol yang mengarah pada salah satu partai politik dan stand lebih dituntut menampilkan edukasi pada masyarakat dan kreatifitas serta inovasi hasil karya pemuda.

“Kegiatan ini dibuka tanggal 28 oktober 2018 yang dirangkai bersama dengan wisata belanja kuliner, kemudian di hari seninnya tanggal 29 Oktober 2018, peserta akan mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Kaltim.,”tegasnya.

Mengingat terbatasnya kuota peserta, Hardiana mengharapkan pemuda Kaltim segera mendaftarkan diri sebelum ditutup pada tanggal 20 Oktober 2018. Namun demikian bagi pemuda yang belum terakomodir akan dilibatkan pada moment kepemudaan selanjutnya.

Kepada pemuda di Kaltim yang ingin mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan diri dan mengisi formulir yang tersedia melalui https://goo.gl/forms/wPgwta1xwLm00vGC3 atau dapat juga langsung ke Kantor Dispora Kaltim yang berada di Jl. K.H. Wahid Hasyim
Komplek Stadion Madya Sempaja (Pusdiklat), Kelurahan Sempaja Selatan, Kec. Samarinda Utara, Kotamadya Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Untuk informasi lebih lanjut, Hardiana mempersilahkan peserta menghubungi panitia melalui
e-mail mail@disporakaltim.info, atau nara hubung atas nama Mulyadi di nomor 081258549000 serta Juliah melalui nomor hp 081346819588. (rdi)