Seputar Dispora

Dispora Kaltim Gandeng BKD Sosialisasikan Program e-PUPNS

Dispora Management | Rabu, 07 Oktober 2015 - 07:44:16 WIB | dibaca: 1174 pembaca

Samarinda- Guna mengenalkan lebih dekat apa dan bagaimana e-PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil via online) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur menggandeng Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kaltim untuk mensosialisaskan e-PUPNS bagi seluruh pegawai di lingkup Dispora Kaltim, senin (5/10) di Aula Dispora Kaltim Kompleks Stadion Sempaja Samarinda.

“E-PUPNS ini merupakan kegiatan pemutakhiran data PNS yang dilakukan secara online, untuk itu dalam proses pemutakhiran data ini setiap PNS harus melakukan pemeriksaan data yang tersedia dalam database kepegawaian BKN (Badan Kepegawaian Negara). Apabila ada data yang belum lengkap dan tidak sesuai PNS yang bersangkutan dapat melengkapi dan menyesuaikan, sehingga data yang ada di database BKN akurat,”kata Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie ketika membuka acara tersebut secara resmi.

Dirinya pun berharap agar setelah sosialisasi ini, para PNS di lingkungan Dispora Kaltim dapat mengisi dan melengkapi datanya di database tersebut, karena batas waktu pengisian hanya sampai akhir Desember 2015 ini, yang artinya kurang dari dua bulan lagi.

Sementara itu, Verifikator level 1 Dispora Kaltim, Nur Nuhfah Arief mengatakan bahwa saat ini seluruh pegawai Dispora kaltim sudah mendaftar di E-PUPNS, namun belum semuanya melakukan peng-update-an data, sehingga dirinya menggandeng BKD Kaltim untuk mensosialisasikan cara pengisian data tersebut.

Sebagaimana diketahuib e-PUPNS adalah proses pendataan ulang PNS melalui sistem teknologi informasi yang meliputi tahap pemutaktriran data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/instansi daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Data PNS adalah seluruh informasi PNS yang paling kurang memuat data riwayat hidup, riwayat pendidkan formal dan non formal, riwayat jabatan dan kepangkatan, riwayat penghargaan, tanda jasa, atau tanda kehormatan, riwayat pengalaman berorganisasi, riwayat gaji, riwayat pendidikan dan pelatihan, daftar penilaian prestasi kerja, surat keputusan, dan kompetensi.

Pemateri dalam kegiatan ini dari BKD Kaltim yakni, Hj. Rusmiyati, M Arsyad, serta Yudit Dirgantara. (rdi)