Seputar Dispora

Dispora Gelar Pembinaan Satuan Karya Pramuka

Natal Parlindungan S | Senin, 30 Juni 2014 - 00:19:59 WIB | dibaca: 1151 pembaca

SAMARINDA–Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengakui pendidikan kepramukaan terbukti memiliki peran yang sangat besar dalam membentuk watak kepribadian dan akhlak mulia.
Selain itu lanjutnya, gerakan kepanduan khususnya melalui kegiatan dan pembinaan yang dilakukan satuan karya (Saka) Gerakan Pramuka mampu meningkatkan keterampilan hidup kaum muda serta memiliki dampak yang positif untuk kemajuan bangsa ke depannya.
 
Hal tersebut dikemukakan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Staf Ahli Gubernur bidang Pendidikan dan Kebudayaan Dr H Sigit Muryono pada Pembinaan Satuan Karya Gerakan Pramuka tingkat Provinsi Kaltim tahun 2014, di Samarinda, Kamis (28/8).
Bahkan ujarnya, dalam jangka pendek dampaknya dapat mencegah dan mengatasi berbagai masalah dan tantangan kaum muda. “Sedangkan dalam jangka panjang akan membentuk watak, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda menjadi calon pemimpin bangsa,” jelasnya.
 
Gerakan Pramuka mempunyai peran besar dalam  pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki pengendalian diri serta kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global.
Karenanya,  usaha-usaha untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka diarahkan pada pendidikan dan pembinaan mental, moral, fisik, pengetahuan,  keterampilan dan pengalaman melalui kegiatan praktek secara praktis menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan serta sistem among.
 
“Pemprov menyambut baik dan memberi apresiasi pada kegiatan Pembinaan Satuan Karya Gerakan  Pramuka yang digelar Dispora Kaltim bersama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim ini,” katanya.
 
Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim H Fachruddin Djaprie mengharapkan melalui pembinaan ini para peserta bisa memperoleh bekal tentang pengetahuan dan pengalaman praktis terutama dalam membina Pramuka di satuan karya di Kaltim.
“Menerapkan nilai-nilai kepramukaan di SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim yang mengarah pada pendidikan karakter bangsa secara efekktif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan spesialisasinya,” ujar Fachruddin Djaprie.
 
Pembinaan Saka gerakan Pramuka diikuti 50 peserta dari sembilan saka yakni Saka Dirgantara 18 orang sedangkan Saka  Bahari, Saka Bhayangkara, Saka Taruna Bumi, Saka Bhakti Husada, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Wana Bhakti serta Saka Wira Kartika masing-masing empat orang.
 
Tampak hadir Kepala Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim H Muhammad Hatta Zainal serta Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim Kaspan Riyanto dan  pimpinan SKPD selaku pembina saka-saka Gerakan Pramuka Kaltim.
 
sumber : www.kaltimprov.go.id
//Foto: BENTUK WATAK. Staf Ahli Gubernur bidang Pendidikan dan Kebudayaan Dr H Sigit Muryono bersama Kadispora Prov. Kaltim, Fachruddin Djafrie menyaksikan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim H Muhammad Hatta Zainal memasangkan tanda peserta sebagai tanda diawalinya kegiatan pembinaan pembina saka . (dok. dispora).