DISPORA DAN FORMI SE KALTIM DIHARAPKAN TURUT SUKSESKAN FORNAS V

SAMARINDA-Sebagaimana diketahui Kalimantan Timur dipercaya sebagai sebagai Tuan Rumah Penyelenggaran Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke 5 tahun 2019 yang ditegaskan melalui surat Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORMI) Nasional nomor 001/A/FORMINAS/I/2019 tertanggal 04 Januari 2019 silam.

Berbagai langkah persiapan telah dan tengah dilakukan, diantaranya dengan melakukan rapat bersama Formi Nasional guna mengetahui langkah-langkah yang dilakukan baik Panitia Nasional (Pannas) maupun Panitia Daerah (Panda) yang dilaksankan di kantor Formi nasional Gedung Badan Pengelola Gelora Bung karno Jakarta, Jumat (26/7).

Menindaklanjuti pertemuan tersebut, Senin (29/7), Dispora Kaltim bersama-sama dengan FORMI Kalimantan Timur bergerak cepat dengan mengundang seuruh Dinas yang menangani Pembudayaan Olahraga serta pengurus Formi Kabupaten/Kota se Kaltim untuk melakukan Rapat Koordinasi demi pensuksesan Fornas V di Kaltim.

"Dispora dan Formi Provinsi Kaltim dalam rapat terakhir dengan Formi Nasional, Jumat lalu melakukan Rapat koordinasi, beberapa masukan menganai persiapan yang telah kita lakukan kami laporkan ke mereka. Hari ini kami sampaikan perkembangan hasil rapat koordinasi tersebut kepada Kabupaten/Kota agar dapat mempersiapkan hal-hal yang terkait, seperti penyiapan kontingen, pendanaan kontingen tambahan, serta dukungan publikasi kegiatan didaerah masing-masing, sehingga gaung kegiatan nasional ini dapat terasa hingga ke pelosok-pelosok di Kaltim,"ujar Kadispora Kaltim, Syirajudin, ketika memimpin rapat koordinasi bersama Kabupaten Kota se Kaltim di ruang rapat kantor Dispora di kompleks Stadion Madya Sempaja.

Lebih rinci dukungan yang diharapkan menurut Kadispora yakni dukungan menyiapkan Kontingen Kabupaten/Kota dan mengikuti Fornas ke-5 Tahun 2019 di Samarinda Kalimantan Timur untuk mewakili Provinsi Kalimantan Timur

"Disamping itu, mengharapkan dukungan biaya transportasi dari daerah asal ke Samarinda dan kembali bagi atlet, pelatih dan official Kabupaten/Kota yang lolos seleksi atau ditunjuk Induk Organisasi cabang olahraga masing-masing untuk mengikuti Fornas Ke-5",tambahnya.

Bak gayung bersambut, sejumlah Kabupaten/Kota pun telah menganggarkan dan akan menganggarkan di APBD perubahan untuk pensuksesan tersebut, untuk itu mereka meminta agar koordinasi dan komunikasi yang terjalin dapat lebih intensif  sehingga tujuan bersama mensukseskan Fornas V dapat tercapai.

Pada rapat ini, hadir Ketua Formi Provinsi Kaltim, Encik Widyani,  Kadispora Kota Bontang, Kadispora Kabupaten Berau, perwakilan Dispora Kukar, Balikpapan, Kutim, Paser dan Kota Samarinda beserta Pengurus dari masing-masing Formi Kabupaten/Kota tersebut.

Sementara itu, Ketua harian Formi Kaltim, Ali hanafiah mengatakan bahwa untuk data atlet pihaknya menunggu dari pengurus Induk olahraga tingkat Provinsi hingga awal September 2019, nama-nama atlet yang mewakili diserahkan sepenuhnya kepada Indor untuk, pakah melalui seleksi atau penunjukkan langsung berdasarkan kualitasnya.

Sebagaimana diketahui Fornas V akan  diikuti peserta dari 34 Provinsi dan KabupatenKota seluruh Indonesia diperkiraan berjumlah 15.000 orang, dimana indor dibagi dalam 3 Komisi terdiri atas 54 Indor Cabor dengan Kategori Lomba 47 Indor Cabor, Kategori Eksibisi 7 Indor Cabor, yang didalamnya ada 11 Indor Cabor Kearifan Lokal Kaltim bernaungan di Indor Cabor KOTI (Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia) yaitu Hadang, Terompah Panjang, Egrang, Dagongan, Sumpitan, Gasing, Ketapel, Tarik Tambang, Panahan Tradisional dan Tonnis (rdi).