Nasional

Dilepas, Tim Pelajar Indonesia ASEAN School Games 2014

Dispora Management | Kamis, 27 November 2014 - 13:35:11 WIB | dibaca: 1728 pembaca

*SKOI Kaltim kirim Atlet Tenis Meja

 

Jakarta: Tim pelajar Indonesia yang akan berlaga di ASEAN School Games 2014 di Marikina, Filipina, hari Rabu (26/11) sore secara resmi dilepas Seskemenpora Alfitra Salamm didampingi Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto, Ketua Satlak Prima Suwarno dan Sekjen KONI Pusat Hamidi di Wisma Karsa Menpora Senayan, Jakarta.

Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia berharap kepada kontingen ASG 2014 yang akan berlaga dari tanggal 29 November hingga 7 Desember mendatang ini meraih prestasi terbaik dengan mengikuti 12 cabang olahraga yang dipertandingkan. “Tetap junjung tinggi sportivitas, tampilkan permainan terbaik anda tidak harus menang tetapi tampilkan yang sebaik-baiknya karena kemenangan hanya bisa diraih dengan tampil sebaik-baiknya, manfaatkan momen ini untuk menambah wawasan anda sesama pelajar Asia Tenggara,” kata Djoko Pekik dalam sambutannya.

Pelepasan atlet pelajar ASG 2014 ke Filipina adalah bagian dari pembinaan prestasi olahraga di kalangan pelajar diharapkan selain bertanding di negeri orang juga menambah wawasan global sesama pelajar ASEAN. “Kemenangan adalah tujuan utama tetapi bukan segala-galanya, kebersamaan dan friendship adalah bagian dari even ini, peringkat terakhir mereka di Vietnam adalah peringkat ke-4 sehingga pada tahun ini diharapkan ada peningkatan rangking 3 atau 2,” harap Djoko Pekik.

Djoko Pekik menjelaskan, dari peraturan regulasi telah ditentukan tidak ada reward berbentuk uang. “Dari peraturan regulasi  dari ASEAN School Sport Council (ASSC) yang ada memang tidak di perbolehkan bonus dalam bentuk fresh money tetapi dalam bentuk perhatian pembinaan prestasi di klub atau yang lainnya,” jelasnya. Dengan bacaan basmallah oleh Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Djoko Pekik Irianto maka Tim Pelajar Indonesia ke 6th Asean School Games 2014 Marikina, Filipina secara resmi dilepas.

Sebelumnya CdM kontingen pelajar Indonesia yang juga Asdep Pembibitan Olahragawan Washinton menjelaskan bahwa ASG 2014 adalah agenda tahunan ASSC yang diikuti 8 negara ASEAN. “Kontingen pelajar Indonesia akan mengikuti 12 cabang olahraga masing-masing atletik, renang, bulutangkis, sepaktakraw, golf, senam, basket, bolavoli, tenis lapangan, tenis meja, wushu. Seleksi dari para atlet pelajar ini dilaksanakan sejak 26 Oktober hingga 15 November dengan jumlah 205 orang yang terdiri dari 186 atlet, 38 pelatih dan 10 wasit dan 41 ofisial dan manajer,” kata Washinton. (ben)