DILEPAS GUBERNUR, PASKIBRAKA NASIONAL KALTIM DIPESAN DISIPLIN

SAMARINDA-Dua pelajar Kalimantan Timur, masing-masing Muhammad Remyza Baihaqi, pelajar SMAN 2 Samarinda bersama Fulgentia Marianne, pelajar SMA Vidatra Bontang yang akan bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2022, Kamis (14/7/2022) pagi, dilepas Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, di ruang kerja gubernur lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim.

“Pertama disiplin, yang kedua tetap disiplin, kuncinya harus disiplin karena pasti sukses. Orang yang tidak disiplin, pengawai tidak disiplin tidak bisa sukses, kaya aku ini gak disiplin mana pernah sukses,” selorohnya yang disambut gelak tawa semua yang hadir.

Dirinya pun menyampaikan selamat kepada keduanya telah berhasil menjadi yang terbaik di Kaltim. Namun demikian Gubernur meminta agar mereka tak berpuas diri, karena di Taman Rekreasi Wiladatika, tempat keduanya akan menjalani Pendidikan dan pelatihan Paskibraka hingga 26 agustus 2022 mendatang, program ketat telah disiapkan oleh pelatih dan Pembina.

“Saya nih gini-gini pernah jadi Paskibraka, cuma orang kampung, karena orang kampung, saya tidak berani tidak disiplin. Silahkan bersaing secara sportif dan sehat untuk mendapat kepecayaan baik dari pembina maupun pelatih di sana, jaga kesehatan, disiplin menjalankan protokol kesehatan, dan semoga kalian menjadi yang terbaik,”pesannya.

Usai memberikan wejangan, Gubernur kemudian menyerahkan apresiasi berupa uang tunai masing-masing senilai 10 juta rupiah dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dispora Kaltim.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Tianur, Plt Kepala Disporapar Kota Samarinda, Muslimin, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim Rasman, Analis Kebijakan Pemuda Disporapar kota Bontang Nurmuslim serta Plt. Kasi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda Dispora KAltim Rusmulyadi.

Remyza dan Dency (panggilan akrab,red) terpilih melalui seleksi ketat dan transparan yang dilakukan oleh Dispora Kaltim bersama Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Polresta Samarinda serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kalimantan Timur yang juga dipantau langsung oleh Badan Pembina Idiologi Pancasila (BPIP), Sekretaris Militer Presiden dan Garnisun Jakarta.

“Mereka akan berangkat ke Jakarta Jum’at besok (15 Juli 2022) dan akan didampingi langsung dari Dispora Kaltim untuk langsung diserahterimakan kepada BPIP di Rekreasi Wiladatika, Jalan Jambore Nomor 1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, setelah sebelumnya BPIP melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas administrasi sesuai persyaratan sbeelum melakukan pemanggilan,”jelas Agus Tianur.

Dirinya pun berharap agar perwakilan Kaltim mendapat kepercayaan sebagai pembawa Baki serta masuk dalam pasukan 8 dalam formasi pengibaran bendera di Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

“Tentu itu sebuah kebanggaan bagi Kaltim yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN), semoga perwakilan kita yang dipercaya, akan menjadi nilai prestius bagi Kaltim jelang IKN,” pungkas Agus. (rdi/ppiddisporakaltim)