DI HARI KEDUA PESERTA JPD KALTIM KE VII “BANJIR” ILMU DAN WAWASAN

Peserta Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kalimantan Timur ke VIII tahun 2019, di hari kedua pelaksanaan, Selasa (5/3), kebanjiran ilmu pengetahuan. Bagaimana tidak dari pagi hari hingga sore mereka mengikuti program kunjungan ke perusahaan-perusahaan besar di Kota Bontang serta seminar di Kantor Dispora Bontang dengan menghadirkan pembicara Walikota Bontang dan Sofyan Hadam yang juga walikota pertama di Kota Taman tersebut.

Kunjungan diawali di PT Badak NGL, di perusahaan pengelola Gas Alam Cair tersebut, rombongan mendapatkan presentasi dan paparan mengenai sejarah, pengolahan Gas Alam Cair, pembeli, hingga berbagai raihan prestasi dan penghargaan sehingga Badak LNG mendapat gelar perusahaan energi kelas dunia. Sebelumnya sebagai perusahaan yang telah mendapat predikat safety ISRS 8 level 8, rombongan juga mendapat instruksi tentang prosedur safety yang dilaksanakan oleh PT Badak NGL.

“Kami berterimakasih atas kunjungan peserta JPD, yang merupakan pemuda-pemuda terbaik dari Kabupaten/Kota nya masing-masing, kami harap adek-adek mendapat ilmu mengenai bagaimana pengelolaan gas alam cair di kelola oleh PT Badak NGL, sebagai salah satu perusahaan di Kaltim yang turut menunjang devisa Negara,”ujar Specialist CSR Community and Development, Corporate Communication PT Badak NGL, Reta Yudistyana.

Usai pemaparan di Gedung Town Centre PT Badak, Rombongan kemudian dengan menggunakan 2 Bus berkeliling lingkungan Kompleks Perusahaan yang telah meraih penghargaan Profer emas dari kementerian Lingkungan Hidup sebanyak 8 kali tersebut.

Selanjutnya, rombongan menuju Graha Pemuda yang juga merupakan kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Bontang guna mengikuti seminar dengan pembicara Walikota Bontang dan juga Sofyan Hasdam sebagai walikota pertama di Kota yang bergelar Kota Taman ini.

Para peserta JPD mendapatkan sejumlah ilmu yang bermanfaat dimana Sofyan Hasdam mengajak para pemuda untuk berani bersaing dan jangan pernah takut dengan tantangan yang harus dihadapi.

“kalian yang saat ini berada di depan saya merupakan pemenang yang telah memenangi persaingan saat masih dlam kandungan, kalian berhasil menyingkirkan pesaing-pesaing kalian yang jumlah jutaan untuk menjadi bayi dalam rahim ibu kalian. Jadi sebenarnya kalian telah memiliki jiwa pemenang, jadi bersainglah dengan sehat, dengan semangat dan penuh sportivitas sehingga kalian bisa jadi pemenang atas tantangan yang kalian hadapi,”jelas Sofyan Hasdam.

Sementara itu, Walikota Bontang, Neni Moerniaeni menyampaikan tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Menurutnya tak perlu takut menjadi pemimpin, baik kalian pria ataupun wanita, karena siapa saja bias jadi pemimpin apabila dia berani dan memiliki kualitas yang mumpuni.

“Pemimpin itu merupakan panutan atau contoh bagi orang-orang yang dipimpinnya, sehingga pemimpin harus bisa dan harus memiliki ilmu manajemen yang baik dalam mengatur organisasinya. Kalian harus paham ada 6 hal yang harus dimiliki pemimpin memiliki sifat jujur, komunikasi dengan baik, bersikap adil, membangun tim dengan baik, memahami kondisi, dan manajemen waktu yang baik,” katanya.

Usai pelaksanaan seminar, rombongan kemudiin melanjutkan kunjungan ke PT Pupuk Kaltim yang merupakan produsen pupuk urea terbesar di Indonesia, disamping produsen amoniak dan pupuk NPK. Dijelaskan oleh Humas PT Pupuk Kaltim bahwa PKT merupakan anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero), dimana saat ini PKT memproduksi Urea mencapai 3,43 juta ton per tahun, Amoniak sebanyak 2,74 juta ton per tahun dan NPK 350 ribu ton per tahun.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Agus Tianur, mengatakan kegiatan hari ini memberikan ilmu yang sangat bermanfaat sesuai dengan tujuan pelaksanaan JPD yakni meningkatkan kualitas calon peserta program, sehingga nantinya alumni JPD adalah pemuda-pemuda yang berkualitas dan memiliki wawasan yang luas.

"kami menyampaikan termakasih yang sebesar-besarnya kepada PT Badak NGL, Disporapar Bontang, serta PT Pupuk Kaltim dan yang telah bersedia menerima pemuda-pemuda dari seluruh Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur dan memberikan pengalaman tersendiri sehingga menambah ilmu dan wawasan mereka. kami juga menyampaikan terimakasih kepada Ibu Walikota Bontang serta Pak Sofyan Hasdam yang telah meluangkan waktu untuk memberikan pemahaman mengenai daya saing pemuda dan kepemimpinan, yang tentu sangat bermanfaat bagi para peserta JPD dalam menjawab tantangan ke depan,"pungkasnya. (rdi)