CEGAH PENYALAHGUNAAN NAFZA DENGAN MAKSIMALKAN PERAN KIPAN 

SAMARINDA Rapat Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian Program Pemberdayaan, Kader Inti Pemuda Anti Narkoba (KIPAN) secara Nasional yang di adakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dihadiri secara virtual zoom oleh Kasi Peningkatan Wawasan dan Kapasitas Pemuda Dispora Kaltim Erni Rofiqoh pada Kamis (18/3/2021).
Tujuan daripada Rakor kali ini adalah memperoleh data dan informasi, mengindentifikasi hambatan serta menyusun strategi koordinasi, sinkronisasi pengendalian antar pemangku kepentingan berkaitan dengan program pemberdayaan 3.400 KIPAN dan kolaborasi program pencegahan penyalahgunaan NAPZA di daerah.
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Assisten Deputi Pemberdayaan Pemuda, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda ini membahas isu Pemuda yang merupakan isu lintas sektor yang telah di amanatkan dalam Perpres no 66/2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan sehingga perlu Sinkronisasi dan Kolaborasi pelaksanaan kebijakan pembangunan Pemuda oleh Kelompok/Lembaga (K/L) terkait.
Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda serta Peningkatan Kualitas SDM yang Berkualitas dan Berdaya saing merupakan target bersama yang sudah dituangkan dalam RPJMN 2020-2024 dalam rangka menyongsong puncak bonus Demografi pada tahun 2030 dan Indonesia Emas pada tahun 2045.
Salah satu strategi yang telah ditetapkan yaitu melalui pencegahan perilaku berisiko dan destruktif pada pemuda seperti kekerasan, perundungan, perilaku merokok, NAPZA, Seks bebas, dan sebagainya yang membutuhkan langkah tepat dan holistik integratif.
Koordinasi, Sinkronisasi serta integrasi program lintas K/L dalam penyusunan program pencegahan perilaku berisiko pada pemuda menjadi titik penting pencapaian target pembangunan SDM Indonesia.
(fad/rdi/ppiddisporakaltim)