CDM MEETING POPNAS BAHAS GRAND DESIGN OLAHRAGA NASIONAL

BANTEN-Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Peningkatan Prestasi bersama perwakila Dinas yang menangani Keolahragaan se Indonesia mengikuti pembukaan Lokakarya Pembibitan Olahraga dan Chief de Mission (CdM) Meeting Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Tangerang, Banten.
Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut dibuka langsung oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti, Sabtu (30/5/2021) di Hotel Pakons Prime Tangerang Banten.
Pada kesempatan tersebit dibahas sejumlah hal diantaranya terkait penyampaian surat penundaan POPNAS XVI 2021 sekaligus Pembahasan Tuan Rumah  pelaksanaan POPNAS XVII 2023 di Sumatera Utara dan Aceh.
"Pembatalan Popnas 2021 ditunda hingga tahun 2023. Keputusan Kemenpora ini didasarkan pada pertimbangan perkembangan kasus covid-19 yang masih tinggi di Indonesia sebagaimana disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 melalui Surat Edaran Nomor 7 tahun 2021 tanggal 9 Februari 221 perihal Perpanjangan Ketentuan perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19,"jelas Chandra.
Dalam lokakarya yang akan berlangsung hingga Senin 3 Mei mendatang ini juga membahas materi terkait Program Kegiatan Pembibitan dan IPTEK Olahraga Tahun 2021 yakni Grand Design Olahraga Olahraga Nasional.
"Sejak kemerdekaan Indonesia 75 Tahun lalu, belum pernah ada Perpres yang mengatur  Grand Design Olahraga Nasional dan Alhamdulillah Presiden telah menetapkan melalui Perpres khususnya mengenai Olahraga Pendidikan, Rekreasi dan Prestasi dengan memperhatikan Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism,"jelasnya.
Tindak lanjut dari Grand Design ini lanjutnya harus dibungkus oleh Perpres sehingga bisa memetakan Prestasi Nasional, Provinsi serta Kabupaten dan Kota.
"Adapun yang menjadi target Nasional adalah 12 Cabor Olympic yang terdiri dari Atletik, karate, balap sepeda, renang, panahan, taekwondo, bulutangkis, angkat besi, dayung, menembak, senam, Panjat Tebing, Wushu ditambah 1 cabang olahraga asli  Indonesia, Pencak Silat termasuk cabor Sepakbola sebagai cabor yang masuk kategori Sport Industry,"tambahnya.
Dalam acara ini dari Dispora Kaltim diwakili Kasi Promosi Olahraga dan Olahraga Prestasi Rasman bersama Kasi Pembibitan, Iptek dan Tenaga Keolahragaan Rozkani Muflih. (rdi/ppiddisporakaltim)