CAPAS DIAJAK BERPERAN AKTIF CEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA

SAMARINDA-Dengan mengangat judul "Bersama Generasi Muda Melawan Penyalahgunaan Narkoba", Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur, Risma Togi M Silalahi, mengajak Calon Paskibraka (capas) Kaltim 2019 untuk turut melawan penyalahgunaan narkoba diawali dari sendiri. 

Dimana berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) jumlah populasi penduduk kategori generasi muda yang kini lebih dikenal dengan generasi milenial mencapai 90 juta orang. Jumlah tersebut lebih dari sepertiga jumlah penduduk negeri ini. 

Hal ini membuat generasi muda merupakan pangsa pasar yang besar dalam hal penyalahgunaan narkoba yang disasar oleh para pengedar barang haram tersebut.

"Generasi Muda termasuk didalamnya kalian yang merupakan pemuda-pemuda terpilih sebagai Paskibraka, harus mampu turut berperan aktif mencegah penyalahgunaan narkoba, selalu lakukan kegiatan positif seperti saat ini, berkumpul dengan teman-teman sebaya dan menciptakan karya dari kreatifitas dan inovasi kalian sendiri,"ujar Risma ketika mengisi materi di hadapan 38 Capas Kaltim, Rabu(7/8) malam di Aula Dispora Kaltim.

Disamping itu, lanjut Risma, penyalahgunaan narkoba dapat melalui lingkungan. Faktor ini penting, mengingat generasi muda sangat mudah dan cepat terpengaruh dengan keadaan di lingkungannya. 

“Kalian harus dapat memilah dan memilih lingkungan kalian dalam bergaul serta berinteraksi, lingkungan yang baik akan membawa kalian pada kebaikan, demikian pula sebaliknya. Kalian adalah generasi unggul yang menjadi contoh di lingkungan, maka tepatlah dalam berperilaku dan yang paling penting jauhi narkoba ,”pesan Risma.

Menutup materinya, Risma kembali mengajak Capas Kaltim untuk berkomitmen menjadi tauladan yang baik di lingkungan dan berperan aktif mencegah penyalahgunaan narkoba. (rdi) .