CAPAS, BERCERMINLAH PADA SOSOK PAHLAWAN

SAMARINDA-Bercerminlah pada sosok Pahlawan dan Pejuang Bangsa Indonesia yang gagah berani mengibarkan Bendera Merah Putih di saat merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, begitu pesan Gubernur Dr H Isran Noor kepada Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kaltim tahun 2022.
Sambutan orang nomor satu Benua Etam ini dibacakan langsung oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Kalimantan Timur Deni Sutrisno, dalam acara pembukaan Pelatihan bagi 40 Capas tersebut di Aula Dispora, Jum'at (29/8/2022).
"Saya mengucapkan selamat mengikuti pelatihan. Semoga Adik-adik semuanya dalam keadaan sehat wal afiat dan dalam lindungan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan ini hingga berakhirnya nanti, dan dengan hasil yang baik pula," lanjutnya.
Menjadi Paskibraka, lanjutnya adalah suatu cita-cita. Tugasnya sangat berat, namun sangat mulia, meskipun dilakukan hanya beberapa saat ketika penaikan dan penurunan Bendera Pusaka Merah Putih.
"Karena itu diperlukan pelatihan dan seleksi yang tidak mudah. Memerlukan waktu cukup lama dan disertai dengan keseriusan dan disiplin yang tinggi. Karena itu ikutilah pelatihan ini dengan baik. Jangan sia-siakan kesempatan berharga dan kepercayaan yang diberikan oleh sekolah dan daerah yang mengutus untuk mengikuti pelatihan ini," tegasnya.
Bila berhasil lulus, maka Gubernur berpesan bersiaplah menjalankan tugas melalui pemantapan diri kepercayaan tinggi.
"Jangan takut  gugup dan ragu-ragu, tetapi optimistis dan bersemangat tinggi. Jaga kesehatan dengan baik, serta ikuti dan taati peraturan dan ketentuan yang ada. Dan terakhir jika nanti kalian sudah Purna Paskibraka, maka jadilah contoh teladan bagi generasi muda lainnya, dan siap berbakti untuk masyarakat, Bangsa dan Negara," pungkasnya.
Kadispora Kaltim Agus Tianur mengatakan bahwa setelah nantinya menjalankan tugas, seluruh peserta selanjutnya akan dilantik menjadi Duta Pancasila.
"Duta Pancasila dari Purna Paskibraka yang dilatik oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut diharapkan dapat menjadi contoh teladan dalam kehidupan bermasyarakat berlandaskan Pancasila," jelasnya.
40 Peserta yang mengikuti diklat hingga tanggal 18 Agustus 2022 mendatang ini merupakan hasil seleksi yang dilakukan di tiap-tiap Kabupaten dan Kota dengan total pelajar yang mengikuti seleksi sebanyak 1.174 orang, sebagaimana dilaporkan Ketua Panitia Diklat, Rasman yang juga Kepala Bidang Pengembangan Pemuda.
Turut hadir diantaranya Kadis Sosial Agus Hari Kesuma, perwakilan Korem 091/Aji Surya Natakesuma, Dinas yang menangani kepemudaan Kabupaten dan Kota se Kaltim, Polresta Samarinda serta pejabat di lingkup Dispora Kaltim. (rdi/ppiddisporakaltim