BUKA RAKER DAN WORKSHOP, MEILIANA JANJIKAN PELAKSANAAN FORNAS V MERIAH

Bertempat di Hotel Harris Samarinda, Selasa (30/4) Gubernur Kalimantan Timur, DR. Isran Noor diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kaltim, DR. Meiliana, membuka Rapat Kerja (Raker) dan Workshop Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) yang diikuti 54 Induk Organisasi Peserta FORNAS V yang akan berlangsung November mendatang.

Acara ini dihadiri pula Deputi Pembudayaan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Raden Isnanta, Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Nasional, Hayono Isman, Ketua Panitia Nasional FORNAS, Djainal A Simanjuntak, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur, Syirajuddin, serta Ketua FORMI Kalimantan Timur, Encik Widyani.

Hayono Isman mengatakan bahwa FORNAS V Samarinda, Kalimantan Timur, yang akan berlangsung pada 14 hingga 18 November mendatang, mengangkat tema Pemberdayaan Olahraga Rekreasi Masyarakat Mendukung Kesuksesan Pembangunan SDM Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya lomba dan eksebisi dari induk-induk organisasi cabor-cabor dibawah naungan federasi, namun juga akan dilaksankan pameran dan promosi, gelar budaya 34 provinsi, dan hiburan rakyat.

“Fornas ke 5 harus jadil lebih baik dan sukses serta meriah dibanding pelaksanaan sebelumnya. Tentu saya yakin dan percaya bahwa Kalimantan Timur mampu mewujudkan hal tersebut. Dan saya ingatkan bahwa meskipun penyelenggaraan kegiatan Fornas ini jauh lebih murah dibanding dengan pelaksnaan PON yang mempertandingkan olahraga prestasi, tapi olahraga yang bertadning di Fornas bukanlah olahraga murahan,”ujarnya.

Deputi Pembudayaan Olahraga Kemnepora RI, Raden Isnanta, menyambut baik tekad Formi Nasional bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk menjadikan Fornas ke-5 yang terbaik dan tersukses dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

“Tekad untuk menjadikan Fornas  yang terbaik saya apresiasi penuh, namun bagi saya kesuksesan baru dapat diukur setelah pelaksanaan nanti. Formi dan Pemprov Kaltim harus berhasil memperkenalkan olahraga-olahraga yang dilombakan dikenal dan disambut baik dan kalau bisa ada di setiap lini lingkungan masyarakat,”katanya.

Sebagi contoh, ketika menghadiri sebuah acara pertandingan olahraga tradisional, dirinya menanyakan apakan peserta ada yang mengenal olahraga sumpit, ternyata menurutnya hanya peserta olahraga sumpit yang angkat tangan. Tentu gambaran ini menjadikan tugas tersendiri bagi kita untuk dapat lebih keras meperkenalkan olahraga yang berada di bawah naungan Formi.

Meiliana pun menyambut tantangan Raden Isnanta dengan menyampaikan nahwadalam beberapa hari terakhir ini, dirinya bersama dengan jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga telah menggandeng seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kaltim, Bankaltimtara, sejumlah pihak swasta, Perusda, dan tentunya Pemerinta Kota Samarinda untuk duduk bersama dan membagi tugas untuk mensukseskan Fornas V.

“Pak Isnanta, saya sampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur serius untuk mempersiapkan Fornas V ini, dan beberapa hari terakhir secara marathon saya telah melakukan rapat-rapat koordinasi guna membagi tugas ke semua intansi yang terlibat, hingga kesuksan dapat kita capai dengan bekerja ssama dan bersama-sama bekerja,”jelas Meiliana.

Untuk itulah kegiatan Fornas V ini diyakininya akan kembali mengangkat olahraga tradisional atau olahraga rekreasi masyarakat dengan memperlombakan dan mempertandingkan 54 cabang olahraga rekreasi masyarakat yang tergabung dalam komunitas olahraga tradisional  indonesia (koti) dan 7 induk olahraga ekhsebisi.

Kepercayaan ini tentunya akan kami jaga dengan memberikan penyelenggaraan yang terbaik dan berkesan bagi seluruh peserta dan pendukung pelaksanaan yang datang ke benua etam Kalimantan Timur,”ungkapnya.

Menutup sambutannya, dirinya pun mengajak seluruh peserta dapat menikmati wisata yang tersedia banyak diantaranya pesiar sungai mahakam, kampung adat pampang dan fasilitas wisata di Tenggarong diantaranya museum mulawarman, planetarium, pulau kumala, taman tata surya, jam betong serta creative park dan ladang budaya.

“Hadirin sekalian juga dapat menikmati keelokan sungai mahakam sembari menikmati nasi bekepor dihidangkan bersama daging masak bumi hangus atau sayur gangan asam kutai. Ditutup dengan cemilang amplang dan lempok durian serta kue gegicak mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut,”tutupnya.

Usai memberikan sambutan, dengan didampingi Raden Isnanta, Hayono Isman, Djainal A Simanjuntak, Syirajudin dan Encik Widyani serta perwakilan Pemkot Samarinda memukul gong sebanyak 5 kali sebagai tanda dibukanya raker dan workshop Fornas V tahun 2019 yang akan berlangsung hingga tanggal 02 Mei 2019. (rdi)