BIDANG PEMBERDAYAAN PEMUDA FOKUS SIAPKAN JAMBORE PEMUDA DAERAH 2019

Dalam rangka mempersiapkan Jambore Pemuda Daerah Kalimantan Timur tahun 2019, Panitia Provinsi melakukan Rapat pementapan dengan dipimpin langsung Kabid Pemberdayaan Pemuda, Agus Tianur didampingi Kasi Peningkatan Wawasan dan Kapasitas Pemhuda, Lediawaty.

Jambore Pemuda Daerah yang akan dilangsungkan di Kota Bontang pada tanggal 3-7 Maret 2019 mendatang tersebut, bertujuan untuk mempersiapkan 12 duta terbaik Kalimantan Timur pada Jambore Pemuda Indonesia 2019 yang akan berlangsung di Provinsi Slawesi Utara.

Agus mengatakan bahwa dari hasil koordinasi dengan tuan rumah yakni Pemerintah kota Bontang khususnya Disporapar Bontang, pusat kegiatan perkemahan peserta Jambore Pemuda di obyek wisata Lembah Hijau Bontang Lestari, dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

"50 Peserta tersebut akan bersaing menunjukkan kemampuan dan kelebihan yang dimiliki dengan melewati sejumlah tes, diantaranya tes tertulis, tes wawancara, tes kesehatan, serta kemampuan seni budaya. Tak hanya itu, dalam Jambore Pemuda Daerah kali ini, Pemkot Bontang telah menyiapkan sejumlah program lainnya yang tentu akan menambah wawasan peserta,"jelasnya.

Program tersebut kata Agus memiliki dampak positif bagi peserta, karena peserta akan mengetahui dua perusahaan besar yang memiliki andil terhadap devisa negara melalui Kunjungan ke Kilang PT Badak NGL yang merupakan perusahaan pengelola Gas ALam Cair, serta PT pupuk Kaltim.

Lediawaty selaku PPTK kegiatan menambahkan disamping kunjungan ke Kilang tersebut, peserta juga diajak mngenal obyek wisata yang dimiliki Kota Bontang yakni Pulau Beras Basah yang memliki keindahan alam dan gedung 3 Dimensi, kemudian peserta akan mengikuti outbond untuk membangun kerjasama diantara mereka, dan setiap malamnya peserta akan menampilkan seni budaya dari Kabupaten/kota nya.

Menutup rapat tersebut, Agus pun mengingatkan agar panitia dapat bekerja secara profesional dan membangun komunikasi yang baik satu sama lainnya, kerjasama dan sama-sama bekerja, sehingga JPD dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan. (rdi)