BESOK TERAKHIR PENDAFTARAN, 22 PROVINSI SUDAH PASTIKAN HADIR DI FORNAS V

*TARIAN TRADISIONAL BENUA ETAM DAN TIPE-X DI CARA PEMBUKAAN

SAMARINDA-22 Provinsi sudah mendaftarakan kontingennya yang akan berlomba di Festival Olahraga Rekreasi-Masyarakat Nasional (Fornas) V-2019 di samarinda Kalimantan Timur.

Hal ini diungkapkan Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (forminas), Hayono Isman pada pertemuan dengan Panitia Penyelenggara Daerah di Ruang rapat Dinas Pemuda dan olahraga Kaltim, lantai II, Senin (28/10).

"Hingga hari ini, jumlah Provinsi yang mendaftar via Forminas sebanyak 22 daerah, namun sebagaimana disepakati dan telah disampaikan ke seluruh pengurus provinsi, pendaftaran baru akan ditutup pada tanggal 30 oktober , sehingga kemungkinan besar jumlah peserta akan bertambah,"jelasnya.

Mantan Meneteri Pemuda dan Olahraga era Orde Baru tersebut juga menyampaikan Forminas selalu menghubungi penanggungjawab Formi daerah untuk segera mendaftarkan diri, namun sebagian besar terkendala kepastian anggaran yang baru masuk pada Anggaran perubahan.

"Kendala terbesar sejumlah Provinsi adalah kepastian anggaran yang baru masuk di anggaran perubahan, hal ini gterjadi dikarenakan kita baru mengumumkan tuan rumah Fornas di januari 2019, sehingga sudah terlambat untuk dianggarkan di APBD murni,"tambahnya

Menanggapi hal tersebut, kadispora Kaltim, Syirajudin yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Fornas V, mengatakan pihaknya juga memantau perkembangan provinsi yang mendaftar baik langsung ke Forminas maupun ke Panggar secara online di website Fornas.

"Kepastian jumlah peserta ini dibutuhkan oleh panitia penyelenggara (panggar) untuk menyiapkan segala hal terkait sarana dan prasarana selama prlombaan berlangsung. Panggar sendiri sudah melakukan sejumlah langkah persiapan diantaranya venue, jadwal, sarana pendukung, publikasi, termasuk kesiapan upacara Pembukaan dan Penutupan,"jelasnya.

Sementara itu, Djainal A Simanjuntak, mengatakan sebanyak 345 orang panitia Forminas & Kemenpora. 37 Induk Organisasi termasuk Koti, akan mulai berdatangan dari tanggal 13 hingga 14 November 2019 dan kemudian langsung mengadakan Technical Meeting.

Koordinator Upacara pembukaan dan penutupan, Hardina Muriyani mengungkapkan bahwa sejumlah pengisi acara telah dipersiapkan termasuk menghadirkan Band asal ibukota Tipe-X.

"Untuk upacara pembukaan akan disiarkan secara langsung oleh TVRI sehingga gaungnya akan menyentuh ke seluruh masyarakat, apalagi pada saat pembukaan akan ada tarian budaya Kalimantan Timur dari 3 Kabupaten yakni Paser, berau dan Kutai, tentu secara tidak langsung akan memperkenalkan Benua Etam ke kancah nasional," pungkasnya. (rdi)