BERTEMU BUPATI PASER, KADISPORA BAHAS SPORT TOURISM

TANA PASER- Wisata Alam Gunung Embun, Desa Luan Muara Samu Tana Paser, dengan sensasi gumpalan awan di negeri kahyangan dalam beberapa waktu terakhir menjadi pembicaraan hangat tak hanya di Kaltim namun juga Indonesia.

Disamping itu Kabupaten pasing selatan dari Kalimantan Timur itu memiliki potensi wisata yang cukup banyak namun belum mendapat lirikan dari wisatawan.

Hal ini mendorong Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Tianur untuk mengangkat kunjungan wisata ke Bumi Mulawarman dengan menggandeng kegiatan olahraga didalamnya.

Setelah Berau, Paser menjadi daerah selanjutnya yang menjadi tempat untuk ditawarkan menggelar moment bertajuk sport tourism atau wisata olahraga yang kian berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan maksud tersebut, Agus Tianur didampingi Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Paser Yusuf Sumako bertemu dengan Bupati Paser dr Fahmi Fadli serta Wakil Bupati Paser Hj Syarifah Masitah Assegaf.

“Paser memiliki sejumlah obyek wisata yang tentu kita harapkan bersama dapat dilirik oleh wisatawan domestik dan mancanegara, untuk itu salah satu cara yang kini tengah marak yakni dengan menggelar event keolahragaan yang memanfaatkan pesona wisata daerah setempat, saya yakin dan percaya wisata alam seperti Gunung Embun dan Bukit Sembinai memiliki daya tarik tersenidiri,”kata Agus membuka pertemuan.

Ditambahkan Agus bahwa ke depan sport tourism bisa menjadi andalan pemerintah untuk mendatangkan wisatawan, terutama turis mancanegara, ke dalam negeri.

“sebagai contoh Pak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, dalam beberapa tahun terakhir sejumlah even sport tourism sukses digelar di Tanah Air sekaligus menjadi ajang promosi efektif pariwisata Indonesia ke mancanegara, yakni antara lain ajang lomba lari Jogja Marathon dan Borobudur Marathon, serta Tour de Singkarak yang telah menjadi salah satu ajang balap sepeda kalender dunia.

“Yang terbaru adalah lomba MotoGP dan World Super Bike yang akan digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dimana mandalika merupakan kawasan wisata terpadu berskala besar yang menjadi andalan Indonesia,”jelas Agus.

Menanggapi hal tersebut, Bupati dr Fahmi menyambut baik dan mengapresiasi kemungkinan Paser menggelar sport tourism yang tentu akan mengangkat Kabupaten Paser sebagai destinasi baru wisata yang dikenal dunia.

“Hal ini sangat menarik, apabila dikemas dengan baik akan menjadi kekuatan baru bagi pertumbuhan perekonomian apalagi setelah pandemi covid 19 ini yang cukup membuat perekonomian menurun,”katanya.

Dirinya pun akan membahas hal ini lebih lanjut terutama dengan Dispopar Paser, dengan harapan akan dapat terlaksana dan membuat Paser segera mendunia.(tpp/rdi/ppidisporakaltim)