BERPAKAIAN ADAT, PEMUDA DISABILITAS IKUTI UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA KE-91 DI KALTIM

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesejahtrraan Rakyat Setdaprov Kaltim HM Jauhar Efendi mewakili Gubernur Kaltim bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun 2019 tingkat Provinsi Kalimatan Timur  yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur jalan Gajah Mada Samarinda, Senin (28/10) pagi.

Upacara bendera tersebut dihadiri pula oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat daerah (DPRD) Kaltim, H. Makmur HAPK, Asisten II Ekonomi Provinsi Kalimantan Timur Abu Helmi, Kepala Seksi Oprasional (Kasi Ops) Korem 091/ASN Kolonel Inf Hendri Wijaya, Kasat Reskrim Polresta Samarinda Kompol Sudarsono, Kadispora Kaltim, Syirajudin dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kaltim

Sementara di barisan peserta upacara, tampak sejumlah pemuda Disabilitas yang berpakaian adat sejumlah daerah di tanah Air turut menjadi peserta upacara yang merupakan pemuda binaan Dispora Kaltim melalui Forum Pemuda Disabilitas Kreatif (FPDK), bersama Komunitas Pemuda, Forum Kewirausahaan Pemuda Kaltim, Pemuda Relawan Kaltim, Gerakan Pemuda Keratif, Duta Pemuda, Peserta Jambore Pemuda Indonesia, serta pelajar.

Dalam kesempatan itu, Jauhar membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali, yang menyampaikan bahwa pada HSP tahun ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”.

Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuanlah, apa yang telah dicita-citakan dapat terwujud.

"Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,"jelasnya.

Menpora juga mengatakan Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

"Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,"tambahnya

“Selamat Hari Sumpah Pemuda ke 91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan rida-Nya kepada kita semua,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Upacara HSP tersebut, Jauhar dengan didampingi Kadispora Kaltim memberikan Piagam penghargaan dan uang pembinaan kepada sejumlah pemuda berprestasi Benua Etam sebagaimana table berikut.(rdi)

NO NAMA PRESTASI ASAL
1 MUHAMMAD DENDY -PEMUDA HEBAT TAHUN 2019 KEMENTERIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
-PEMUDA PELOPOR NASIONAL BIDANG PENDIDIKAN TAHUN 2019
BALIKPAPAN
2 IMAM WAHYUDI PEMUDA PELOPOR BIDANG AGAMA DAN SOSBUD 9NOMINASI NASIONAL) TAHUN 2019 KUTAI KARTANEGARA
3 ALI IRFANI INSPIRATOR PENGGITA WIRAUSAHA MUDA PEMULA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR PROVINSI KALTIM
4 MUHAMMAD SIRAJUL AM DUTA WIRAUSAHA MUDA PEMULA PROVINSI KALTIM TAHUN 2019 SAMARINDA
5 ANINTRIAS RIZKI NUGRAHA WIRAIUSAHA MUDA PEMULA BIDANG INDUSTRI PANGAN DAN KULINER (NOMINASI NASIONAL) TAHUN 2018 BALIKPAPAN
6 ANDIN DESTIAN PEMUDA PELOPOR BIDANG AGAMA DAN SOSBUD (NOMINASI NASIONAL) TAHUN 2018 BALIKPAPAN
7 SYAIFUDIN PEMUDA POLOPOR BIDANG PENDIDIKAN (NOMINASI NASIONAL) TAHUN 2018 SAMARINDA