BERAU KABUPATEN TERAKHIR GELAR SELEKSI CALON PESERTA JPI 

TANJUNG REDEB-Pjs Bupati Berau, Muhammad Ramadhan membuka seleksi calon peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang diikuti 6 (enam) pemuda Bumi Batiwakkal, Selasa (20/10/2020) di Kantor
Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Berau.
Ramadhan dalam sambutannya berpesan agar pemuda Berau dapat menujukkan potensi terbaiknya, sehingga wakil Kaltim nantinya didominasi Berau.
"Pemuda-pemuda Kabupaten Berau memiliki potensi yang luar biasa, dan tak kalah dengan peserta dari Kabupaten dan Kota lainnya di Kaltim. Saya berpesan kepada kalian, keluarkan potensi terbaik yang kalian miliki, sehingga juri terpesona dan menganggap kalian pantas mewakili Kaltim,"pesan pria yang juga merupakan Sekretaris DPRD Kaltim tersebut.
Menutup sambutannya, Ramadhan meminta agar seluruh yang terlibat, baik panitia provinsi, panitia Kabupaten Berau, peserta, juri dan pendukung lainnya untuk menjalankan dan menaati protokol kesehatan demi kebaikan bersama.
"Saya yakin dan percaya apa yang  dilakukan saat ini merupakan upaya yang maksimal dan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu memberi bimbingan dan petunjuknya kepada kita semua, Aamiin,"pungkasnya.
Plt Kadispora Kaltim, H M Agus Hari Kesuma, sebelumnya melaporkan bahwa pelaksanaan seleksi Calon Peserta JPI melalui Jambore Pemuda Daerah (JPD) yang diadakan secara bergiliran di 8 Kabupaten dan Kota-minus Kutim dan PPU-untuk Kabupaten Berau merupakan yang terakhir.
"Kami sampaikan bahwa JPI program nasional Kementrian Pemua dan Olahraga yanh  dimaksudkan untuk meningkatkan wawasan dan kreatifitas pemuda melalui pemahman keanekaragaman seni budaya, memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatka n keterampilan dan kemandirian pemuda yang dilandasi semangat nasionalisme,"ujar Agus.
Melalui kegiatan seleksi ini lanjutnya, para pemuda diharapkan dapat mengembangkan dirinya melalui proses interaksi budaya dan kreatifitas lokal yang dikembangkan oleh masyarakat.
"Para peserta akan melalui proses interaksi, dialog, kerjasama dan memecahkan masalah bersama diantara para pemuda yang berbeda latar belakang, kelompok, golongan suku, agama dan etnis tertentu diharapkapkan para pemuda dapat mengembangkan kearifan untuk dapat menerima perbedaan dan menjadikannya kekuatan bersama untuk membangun bangsa sebagai wujud mempertahankan NKRI,"tambah Kepala Dinas Sosial Kaltim ini.
Sebagaimana diketahui bahwa berbeda dengan tahun sebelumnya, seleksi kali ini dilakukan dengan tim mendatangi setiap daerah, tidak terpusat dikarenakan pandemi covid 19 yang tengah melanda.
Dispora Kaltim jelas Agus Kesuma memilih tetap melaksanakan Seleksi Peserta JPI guna mengantisipasi apabila JPI tetap dilaksanakan, karena hingga kini juknis dari kemenpora belum ada.
"Kalaupun nantinya JPI tahun ini ditiadakan, maka peserta hasil seleksi ini tetap akan mewakili Kaltim di tahun mendatang,"tegasnya.
Adapun jenis seleksi sebagaimana peserta-peserta sebelumnya terdiri dari tes seni budaya, tes bidang bahasa inggris, tes bidang pengetahuan umum atau  psikotes dan tes kesehatan.
Sementara tim seleksi berasal dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kaltim, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmul, IAIN Samarinda, dan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie Samarinda.
Seleksi JPI di Berau diadakan di dua tempat, dimana pembukaan, tes tertulis dan wawancara diadakan di Kantor Dispora Berau, sementara pentas seni di Balai Mufakat Rumah Jabatan Bupati Kabupaten Berau.(rdi)