Seputar Dispora

Asisten I Buka Jambore Pemuda Daerah Rakor Dispora se-Kaltim

Dispora Management | Rabu, 15 Maret 2017 - 12:20:49 WIB | dibaca: 352 pembaca

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Prov. Kaltim, Meiliana, membuka kegiatan Jambore Pemuda Daerah ke VI 2017 dan Rakor Sinkronisasi Kepemudaan dan Keolahragaan Dispora se-Kaltim

PASER-Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Provinsi Kaltim, Meiliana, mewakili Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, membuka secara resmi kejiatan Jambore Pemuda Daerah (JPD) Kaltim ke VI serta Rapat Sinkronisasi Program Kerja Kepemudaan dan Keolahragaan di Gentung Temiang kilo 5, Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Rabu (15/3).

Gubernur Kaltim dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Meiliana, menyampaikan harapan yang tinggi kepada para peserta agar mampu menjadi pemuda Indonesia selalu berada di lini terdepan dalam pembangunan di segala bidang yang dilaksanakan khususnya di seluruh wilayah Kalimantan Timur.

“Pemuda adalah pelaku dan penentu dari masa depan bangsa, oelh karenanya kalian harus memiliki wawasan dan visi yang terarah kedepan, berperan aktif di, bersikap terbuka terhadap kemajemukan masyarakat serta mampu menjadi potensi dan kekuatan yang amat besar bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan bangsa di masa mendatang.  Menghadapi era otonomi daerah yang terus berkembang hingga saat ini, pemuda tentu memiliki peranan dan tanggung jawab yang besar dalam ikut menyukseskan pembangunan yang berorientasi pada pengembangan SDM dan keterampilan agar mampu melakukan terobosan bisnis secara profesional dan mandiri,”pesan Gubernur.

Kepada para peserta rapat sinkronisasi, Gubernur berharap agar para peserta mampu memanfaatkan dengan baik rapat tersebut untuk menyatukan dan menyamakan program serta visi pembagunan pemuda dan keolahragaan di Kalimantan Timur yang terarah dan berkesinambungan.

“Sesuai judulnya yakni Rapat Sinkronisasi, maka hendaknya program kerja Kepemudaan dan Keolahragaan antara Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Pemerintah Provinsi dapat bersinerji dan saling berkesinambungan satu sama lainnya, sehingga pembangunan Kepemudaan dan Keolahragaan di Kaltim dapat terlaksana dengan baik,”katanya.

Sementara itu, Bupati Paser yang diwakili Sekda Paser, Aji Sayid Faturrahman, menyambut baik ditunjuknya Kabupaten Paser sebagai tuan rumah Jambore Pemuda Daerah dan Rakor Sinkronisasi Kepemudaan dan Keolahragaan, dan Kabuopaten PAser siap mensukseskan pelaksanaan dua kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Kadispora Provinsi Kaltim, Fachruddin Djaprie, menuturkan kegiatan JPD ke VI tahun 2017 ini yakni terpilihnya calon peserta jambore pemuda indonesia (JPI) provinsi kalimantan timur ke tingkat nasional tahun 2017 di provinsi sumatera barat, dengan melalui proses seleksi yang terbuka, jujur dan berkeadilan, kemudian meningkatkan kualitas calon peserta program JPI tahun 2017, dengan menetapkan calon peserta JPI yang layak dan baik untuk mewakili pemuda Provinsi Kalimantan Timur

“Di samping itu, juga melalui JPD ini dapat bertumbuhkembangnya aspek etika dan moralitas pada setiap dimensi kehidupan pemuda Kalimantan Timur, sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan masyarakat disekitarnya, sekaligus memperkokoh persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara dengan  meningkatkan peran aktif pemuda dalam bidang olahraga, seni dan budaya,”lanjutnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Paser, Kepala Dinas yang menangani Kepemudaan dan Keolahragaan se Kaltim, serta Kepala SKPD Kabupaten Paser. (rdi)