AGUS TIANUR MENDORONG BAPOPSI KABUPATEN DAN KOTA AKTIF

 SAMARINDA-Badan Pembina Olahraga Pelajar Indonesia (BAPOPSI) sedianya merupakan wadah dalam membimbing, mengarahkan, mengembangkan dan mengawasi penyelenggaraan kegiatan olahraga pelajar.
Pembinaan olahraga di tingkat pelajar mempunyai peran penting dan strategis
sebagai upaya untuk menjaring calon-calon atlet berbakat yang memiliki potensi dikembangkan menjadi atlet yang berprestasi di tingkat Kabupaten dan Kota.
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Agus Tianur pun mendorong agar pengurus Bapopsi di Kabupaten dan Kota segera aktif.
"Salah satu kunci dalam upaya peningkatan prestasi olahraga adalah pembinaan atlet khususnya di usia dini, kalau pengurusnya tidak aktif bagaimana bisa olahragawan berprestasi. Dibutuhkan program yang terstruktur dan terarah, karena mereka lah tumpuan Benua Etam di masa mendatang,"ujar Agus Tianur ketika menerima kunjungan pengurus Bapopsi Kota Bontang dalam rangka menyerahkan hasil muscab dan permohonan penerbitan SK kepengurusan.
Bapopsi lanjutnya juga harus mampu berinovasi dalam membuat program kerja, sehingga secara langsung dapat mendukung kemajuan olahraga secara holistik dan mendorong minat para pelajar untuk menyenangi dan lebih rajin berolahraga serta termotivasi untuk terus mengasah keterampilannya dalam meraih prestasi di bidang olahraga.
"Untuk itu saya bersama bidang terkait dan lengurus Bapopsi provinsi akan mengecek keaktifan pengurus Kabupaten dan Kota. Saya berharap mereka dapat membangkitkan gairah olahraga khususnya di kalangan pelajar melalui pembinaan sejak dini, intensif, dan berkelanjutan,"kata pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga itu.
Menurutnya konsolidasi organisasi serta komunikasi menjadi sangat penting dalam mencapai semua hal tersebut.
“Kita harus memahami bahwa pelajar merupakan aset yang cukup besar potensinya di masa depan dalam meraih prestasi. Untuk itu, tetaplah solid, bangun sinergi dengan stakeholder keolahragaan demi peningkatan prestasi atlet dan kemajuan olahraga di Kota Bontang,” harapnya.
Apalagi, jelasnya, Bapopsi sendiri berada di bawah koordinasi KONI, sehingga harusnya berperan aktif mengetahui kondisi di lapangan, terutama olahraga-olahraga yang bisa menciptakan prestasi di kalangan pelajar.
“Jadi, saya akan meminta dan mengevaluasi Bapopsi di seluruh Kabupaten dan Kota di Kaltim, jangan hanya sekadar bendera atau sekedar ada, namun harus berperan aktif dalam membina olahraga di usia dini dan hadir menjadi bagian hal tersebut di tengah masyarakat,”pungkas Agus. (ba/rdi/ppiddisporakaltim)