AGUS TIANUR : KE DEPAN TIDAK ADA LAGI ARSIP TERLANTAR

SAMARINDA-Sebagaimana arahan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Agus Tianur mengenai pentingnya penataan arsip arsip di lingkungan kerja Dispora, maka sejak awal kepemimpinannya Agus menugaskan tim khusus untuk mengelola dan membenahi permasalahan arsip-arsip tersebut.

"Arsip-arsip tersebut merupakan bagian penting dari pekerjaan pada suatu instansi pemerintahan. Rapi atau tidaknya pengelolaan arsip tersebut, merupakan suatu gambaran daripada alur birokrasi dalam manajemen pelayanan di suatu Organisasi Perangkat Daerah (OPD)" ujar Agus Tianur, Selasa (9/2/2021) ketika meninjau pembenahan arsip di lantai II Kantor Dispora Kaltim.

Proses dari pengelolaan arsip kali ini di awali dari proses memilah arsip-arsip yang masih terkait dengan kegiatan, kemudian diinput sesuai nomor dan tanggal arsip, setelah itu langsung didata dan diberi kode nomor arsip,agar nanti memudahkan dalam pencarian arsip tersebut.

“Kemudian untuk sejumlah arsip yang sudah usang dan tidak ada kaitannya dengan kegiatan, akan dilakukan pemusnahan dengan cara dicacah dan dibakar sesuai dengan prosedur yang berlaku,”ujarnya

Dalam pembenah arsip kali ini, berkas yang dipilah dan diarsipkan berasal dari Sekretariat dan bidnag-bidang lingkup Dispora Kaltim.

"Setelah pembenahan ini, saya harap setiap bidang bisa menunjuk seorang petugas khusus yang nantinya hanya mengurus dan mengarsipkan surat-surat maupun dokumen kegiatan lainnya, agar kedepannya tidak terjadi lagi penumpukkan arsip yang tidak perlu dan adanya arsip yang terlantar"harapnya.

Adapun tim yang bertugas terdiri dari satu staf Pegawai Negeri Sipil yang merupakan seorang Arsiparis, Annisa Nurul Fadjria dibantu oleh 9 (sembilan) tenaga Non PNS.

Dijelaskan Annisa bahwa pembenahan ini sudah berlangsung sejak pertengahan Desember 2020 lalu, dan diperkirakan akan selesai pada akhir Februari 2021 mendatang. (fad/rdi/ppiddisporakaltim)