AGUS TEKANKAN PEMUDA AGEN PENGGERAK PERUBAHAN 

SAMARINDA-Berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menggerakkan organisasi.

Salah satu kunci utama untuk mewujudkannya adalah dengan tersedianya SDM yang berkualitas, berdaya guna, berdaya saing serta mumpuni sebagai motor penggerak organisasi.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga melaksanakan kegiatan pengembangan kapasitas SDM atau lebih dikenal dengan istilah capacity building, yang merupakan proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku manusia.

"Hakekat pembinaan generasi muda dalam pembangunan nasional bangsa Indonesia adalah usaha untuk menyiapkan kader penerus cita-cita perjuangan bangsa Indonesia dan manusia pembangunan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berjiwa pancasila sebagai pandu ibu pertiwi,"kata Pelaksana Tugas Kepala Dispora Kaltim, H M Agus Hari Kesuma ketika membuka acara capacity building Semangat Pemuda di Era New Normal, di Hotel Harris Samarinda. Kepada peserta yang berasal dari Purna Pasibraka Indonesia (PPI) Kota Samarinda yang hadir langsung, serta PPI Kabupaten Kutai Kartanegara yang mengikuti pembukaan secara virtual, Agus berpesan agar mereka dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai modal dalam mengarungi tantangan hidup yang akan dihadapi ke depan.

"Mari bersama berusaha optimal untuk menciptakan sebuah perubahan, karena di tangan kalian yang memiliki energi paling besar, waktu yang longgar, serta visi idealisme tentang perubahan yang tinggi, hal tersebut dapat terwujud,"tambahnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan Pemuda merupakan agen penggerak di hampir setiap perubahan besar didunia ini, salah satunya dapat terlihat dalam  peran besar pemuda bagi bangsa indonesia, dari era revolusi kemerdekaan menuju reformasi hingga era millennial yang saat ini telah memasuki kehidupan new normal ditengah pandemi covid 19 yang melanda seluruh bagian dunia saat ini.

Ketua Panitia Pelaksana, Syahril melaporkan kegiatan yang diadakan dalam situasi pandemi covid-19, dilaksanakan secara sederhana, dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh gugus tugas covid-19.

Adapun tema dalam kegiatan yang diangkat adalah dengan semangat pemuda di era new normal, kita dukung suksesi kepemimpinan daerah, demi kelanjutan pembangunan menuju Kalimantan Timur yang bermartabat dan sejahtera.

"Pelaksanaan kegiatan dalam rangka pembinaan Pemuda di Era New Normal agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, idealisme, patriotisme dan harga diri serta mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadiannya,"lapornya.

Kegiatan yang berlangsung sehari penuh, Senin (12/10/2020) diikuti 30 anggota PPI Samarinda dan 30 anggita PPI Kutai Kartanegara di ruang kelas yang berbeda. (rdi)